in: News | February 22, 2019 | by: Tim Jagat Review

Samsung Juga Perkenalkan Galaxy Fold: Layar Lipat & 6 Kamera!

Bukan hanya keluarga Galaxy S10 saja yang diumumkan Samsung di acara mereka di San Francisco, AS. Di awal acara, Samsung justru menggebrak dengan memperkenalkan satu smartphone yang sudah cukup lama rumornya beredar di Internet. Smartphone itu tidak lain adalah smartphone layar lipat, yang ternyata disebut sebagai Galaxy Fold.

2 Layar: 4.6″ dan 7.3″

Galaxy Fold mungkin bisa dikatakan sebagai sebuah “convertible”, yang bisa berubah dari smartphone menjadi sebuah tablet. Ya, Samsung menyebutkan bahwa mereka memang ingin perangkat ini tetap mudah dibawa, di dalam kantong, tetapi menawarkan layar yang besar. Di sisi “luar”, smartphone ini memiliki layar 4.6″, sementara di sisi “dalam”, terdapat layar besar, 7.3″, yang dilipat sehingga membuat ukurannya jadi relatif ringkas.

Satu hal yang menarik, Samsung mengedepankan aspek kesinambungan, jadi apapun yang dikerjakan pengguna di layar kecil, ketika smartphone “dibuka”, hal yang sama akan langsung dijumpai, dalam ukuran lebih besar, di layar besar. Ini disebut Samsung sebagai App Continuity, yang telah mereka sempurnakan bersama dengan tim pengembang Android. Menariknya lagi, di layar besar, kemampuan multitasking yang ditawarkan memungkinkan kita menampilkan 3 aplikasi sekaligus.

6 Kamera: di 3 Tempat Berbeda

Samsung menawarkan 6 buah kamera untuk Galaxy Fold ini, yang terbagi menjadi 3 sistem. 1 kamera untuk selfie, di bagian “depan”, atau lebih tepatnya di bagian di mana terdapat layar kecil dari perangkat. 3 untuk sistem kamera utama, di bagian “belakang”. Serta 2 di bagian atas layar besar. Ini memungkinkan pengguna selalu mendapatkan kamera utama dan kamera selfie baik ketika smartphone dilipat maupun dibuka.

Sistem kamera “utama” dari Galaxy Fold menggunakan triple-camera dengan konfigurasi yang serupa dengan Galaxy S10 dan Galaxy S10+, yaitu 12 MP wide, 12 MP tele, dan 16 MP ultra-wide. Kamera selfie di layar kecil hanya menggunakan single-camera dengan 10 MP f/2.2. Sementara kamera selfie di layar besar menggunakan dual-camera, 10 MP + 8 MP depth sensor.

Dapur Pacu: SoC Premium

Untuk dapur pacu Galaxy Fold, Samsung menggunakan SoC premium dengan fabrikasi 7 nm. Secara tidak langsung, ini merujuk ke Snapdragon 855. SoC itu memang menjadi salah satu yang digunakan Samsung di keluarga Galaxy S10, untuk produk yang dijual di wilayah tertentu. Smartphone ini juga dilengkapi RAM 12 GB dan storage 512 GB UFS 3.0. Sementara untuk baterai, Samsung menggunakan dua buah baterai yang disebut menawarkan rating kapasitas sekitar 4380 mAh.

Siap Dipasarkan

Di bagian akhir presentasi terkait Galaxy Fold ini, Samsung menyebutkan bahwa mereka benar-benar akan memasarkan produk ini. Mereka mematok harga yang terbilang tinggi, sekitar USD 1980, untuk Galaxy Fold tersebut, dan disebut bisa dibeli mulai akhir April 2019 ini. Hal ini menegaskan bahwa Galaxy Fold bukan sekadar produk konsep, tetapi produk jadi yang benar-benar bisa digunakan secara normal.

Samsung juga menyebutkan bahwa yakin smartphone ini, terutama bagian “lipat”-nya, bisa bertahan dengan baik untuk penggunaan harian. Desain khusus untuk engsel dari perangkat ini membuatnya bisa bertahan bahkan hingga siklus buka-tutup puluhan ribu kali. Oleh karena itu, mereka yakin perangkat ini benar-benar bisa digunakan sebagaimana mestinya, dengan sangat baik.

: ,

COMMENTS