in: News | February 22, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Unjuk Kemampuan Keluarga Galaxy S10 di Indonesia

Samsung tampaknya benar-benar siap untuk segera menghadirkan smartphone flagship baru mereka, keluarga Galaxy S10, ke Indonesia! Hanya berselang beberapa jam dari acara perilisan smartphone itu, di San Francisco, AS, Samsung Indonesia menggelar acara unjuk kemampuan tiga smartphone dari keluarga tersebut. Beberapa perwakilan media diundang ke sebuah acara di wilayah Senayan, Jakarta, untuk langsung mencoba kemampuan Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e.

Ibu Selfia Gofar (kiri), dari Samsung, menjelaskan beberapa keunggulan dari keluarga Galaxy S10.

Andalkan Kamera, Layar, dan Aneka Fitur Canggih

Di keluarga Galaxy S10 ini, Samsung menawarkan beberapa hal yang diharapkan menjadi daya tarik tersendiri. Hal-hal itu antara lain kamera “pro-grade“, layar yang luar biasa, serta jajaran fitur canggih. Memang, bila dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e ini hadir dengan sejumlah keunggulan, misalnya dengan hadirnya fitur Wireless PowerShare, yang memungkinkan smartphone melakukan reverse wireless charging ke smartphone lain ataupun ke perangkat seperti smartwatch/smart wearable lain.

Ibu Annisa Maulina (kanan), dari Samsung Indonesia, mendemokan kemampuan AI baru di kamera Galaxy S10+.

Untuk kamera, keluarga Galaxy S10 ini dibekali dengan kemampuan yang membuatnya layak menyandang sebutan “pro-grade”. Samsung menawarkan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K, baik untuk kamera utama maupun kamera selfie, serta dukungan HDR10+ untuk kamera utama, di ketiga smartphone keluarga Galaxy S10 ini. Selain itu, tersedia juga lensa ultra-wide, dengan sudut pandang 123°, sensor 16 MP, dengan f/2.2, yang mendukung pengambilan foto landscape yang sesuai dengan lebar sudut pandang mata manusia.

Hasil foto dengan kamera ultra wide (atas), wide (tengah), dan tele (bawah) di Galaxy S10+.

Masih terkait kamera, Samsung memperbarui fitur AI di kamera keluarga Galaxy S10 ini. Kini, scene recognition di ketiga smartphone itu bisa mengenali dan melakukan pengaturan otomatis sesuai dengan 30 jenis objek, meningkat 10 dari generasi sebelumnya. Tidak ketinggalan, fitur Shot Suggestion juga tersedia untuk membantu mendapatkan komposisi ideal, untuk foto ala profesional. Hal-hal terkait AI itu dimungkinkan di keluarga Galaxy S10 karena penggunaan SoC baru yang memiliki kapabilitas AI yang lebih baik lagi dari generasi sebelumnya.

“O” di “Infinity-O” merujuk ke desain “punch hole” untuk kamera selfie di keluarga Galaxy S10 ini.

Sementara untuk layar, Samsung menawarkan desain “Infinity-O”, di mana “O” di sini merujuk ke punch-hole camera yang memang dihadirkan di lini ini. Tidak hanya itu, Samsung menggunakan panel baru, Dynamic AMOLED, yang juga mendukung HDR10+. Bahkan, untuk Galaxy S10+ dan Galaxy S10, layar itu bisa mendukung tingkat kecerahan hingga 1200 nits, dengan ultrasonic fingerprint scanner di dalamnya.

Spesifikasi: Tercanggih di Awal Tahun 2019

Urusan dapur pacu tentu saja tetap diperhatikan oleh Samsung di keluarga Galaxy S10 ini. Ketiga smartphone di keluarga ini dibekali dengan SoC kelas premium terbaru, yaitu Exynos 9820 untuk varian yang hadir di Indonesia. Exynos 9820 sudah diproduksi dengan fabrikasi 8 nm FinFET, yang tentu saja menghadirkan berbagai keunggulan, termasuk dari sisi konsumsi daya. Menariknya, walaupun teoretis fabrikasi 8 nm mampu mendukung daya tahan baterai yang baik, Samsung tetap membekali keluarga Galaxy S10 dengan baterai berkapasitas yang terbilang besar untuk ukuran masing-masing perangkat, terlebih di kelas premium.

Informasi spesifikasi Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e bisa dibaca di artikel kami sebelumnya:

Sudah Siap Masuk ke Indonesia

Satu hal yang terbilang menarik, dan cukup berbeda dari acara yang digelar Samsung di Jakarta ini, Samsung sudah langsung menyatakan bahwa keluarga Galaxy S10 siap masuk ke Indonesia, dalam waktu yang sangat singkat setelah perilisannya. Pre-order untuk keluarga Galaxy S10 dibuka kurang dari 24 jam setelah perilisan smartphone itu. Menariknya lagi, unit yang digunakan untuk sesi hands-on experience di acara tersebut merupakan unit yang diproduksi di Indonesia! Tampaknya Samsung memang sudah menyiapkan smartphone ini untuk segera dijual di Indonesia dari jauh-jauh hari, termasuk memenuhi persyaratan TKDN untuk ketiga smartphone tersebut.

Terkait pre-order, Samsung menyebutkan bahwa ketiga anggota keluarga Galaxy S10 ini sudah bisa dipesan mulai tanggal 22 Febuari, lebih tepatnya tadi malam, sampai tanggal 28 Febuari mendatang. Harga untuk varian yang dipasarkan di Indonesia adalah sebagai berikut:

Samsung Galaxy S10+
12GB/1TB: Rp 23.999.000
8GB/512GB: Rp 18.499.000
8GB/128GB: Rp 13.999.000
Bonus: Galaxy Watch, cashback sampai Rp 1 juta, paket dari operator

Samsung Galaxy S10
8GB/128GB: Rp 12.999.000
Bonus: SmartTV 32″, cashback sampai Rp 1 juta, paket dari operator

Samsung Galaxy S10e
6GB/128GB: Rp 10.499.000
Bonus: Galaxy Buds, cashback sampai Rp 1 juta, paket dari operator

Unboxing Singkat Galaxy S10+

Selain mengajak perwakilan media untuk mencoba beberapa fitur dari Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e, pihak Samsung Indonesia juga memberikan kesempatan untuk melakukan unboxing paket penjualan Galaxy S10+. Tentu saja, unboxing dilakukan untuk paket yang akan dijual resmi di Indonesia. Berikut ini adalah perlengkapan yang akan disertakan Samsung untuk Galaxy S10+:

Galaxy S10+ akan disertai dengan perlengkapan sebagai berikut: kabel USB Type C, adapter daya 15W, silicon case, paket dokumen, headset AKG, konverter USB Type C OTG to Type A, SIM tray ejector, serta screen protector yang telah dipasang ke unit.

Untuk hands-on Galaxy S10+, Galaxy S10, dan Galaxy S10e, kami sudah menayangkan video hands-on preview yang dibuat dari acara di San Francisco, di link berikut ini: https://youtu.be/JJJxNiY7fzk

: , ,

COMMENTS