in: Featured - Highlights - Reviews | March 12, 2019 | by: Irham

Review Realme 3: Jawara Baru Smartphone Di Bawah Rp. 2 Juta

Kamera

Kualitas kamera dari Realme 3 cukup memuaskan kami saat mencoba langsung. Konfigurasi kamera dengan sensor 13MP yang kini hadir dengan aperture yang cukup besar yaitu F/1.8 memungkinkan kamera untuk mengabadikan gambar dengan pencahayaan yang cukup. Hasilnya, dalam beberapa kondisi pencahayaan baik terang maupun redup, smartphone ini mampu mengambil foto dengan minim noise dan detail yang baik.

Ditambah lagi fitur AI camera yang pada smartphone ini memiliki trademare Chroma Boost, mampuĀ  mendeteksi objek foto yang ingin diambil. Misalnya landscape pepohonan, orang, hewan, makanan dan lain-lain. Juga dengan kemampuan foto bokeh pada mode potrait, mampu mendeteksi objek fokus dengan lebih baik. Lihat beberapa sampel foto yang kami abadikan menggunakan kamera utama Realme 3 berikut ini.

 

Dan fitur lain yang cukup menarik lainnya juga ada pada perangkat Realme 3 yaitu fitur Nightscape. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan foto di kondisi gelap dengan eksposure lebih lama sehingga pencahayaan menjadi lebih baik. Fitur ini untuk pertama kalinya ada di perangkat paling terjangkau dengan harga kisaran dibawah Rp. 2 juta ini.

Saat fitur Nightscape diaktifkan, shutter speed akan berjalan selama 3 detik. Uniknya meski shutter speed berjalan dengan cukup lama, perangkat tetap dapat menjaga fokus sehingga foto tidak menjadi blur meski saat mengambil gambar masih hanya menggunakan tangan. Dibandingkan dengan tanpa menggunakan Nightscape, kualitas foto terlihat meningkat cukup signifikan. Detail di beberapa area gelap dapat diangkat menjadi terlihat secara kasat mata. Dapat anda lihat di beberapa foto berikut ini.

Foto tanpa menggunakan Nightscape
Foto dengan mode Nightscape
Foto tanpa menggunakan Nightscape
Foto dengan mode Nightscape
Foto tanpa menggunakan Nightscape
Foto dengan mode Nightscape

Beralih ke kamera depan, Realme 3 juga kembali menunjukan kelasnya. Sensor 13 MP dengan aperture F/2.0 dengan angle yang cukup luas, mampu mengabadikan foto dengan cukup maksimal. Dalam kondisi backlight pun, wajah penguna saat melakukan selfie tetap dapat terlihat jelas. Lihat beberapa foto menggunakan kamera depan Realme 3 berikut ini.

Baterai

Manajemen daya juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Realme 3. Mengandalkan baterai berkapasitas 4230mAh, smartphone ini diklaim mampu mengakomodir aktivitas pengguna selama seharian tanpa khawatir baterai lowbat. Pada pengujian yang kami lakukan menggunakan video tes playback, smartphone ini ternyata cukup mampu bersaing dengan smartphone lain dengan kapasitas baterai 5000mAh. Realme 3 dapat bertahan selama 17 Jam 38 menit.

Sedangkan untuk pengisian daya, perangkat ini masih menggunakan pengisian daya 10W (5V/2A). Sehingga untuk pengisian masih memakan watu yang cukup lama. Dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 2 Jam 51 Menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS