in: Featured - Highlights - News - Reviews | April 18, 2019 | by: Irham

Huawei P30 vs Samsung S10: Pertarungan Flagship Terjangkau

Huawei dan Samsung, dua nama yang bisa dibilang paling mewakili industri smartphone flagship Android di Indonesia saat ini. Sejak dua tahun belakangan, Huawei tampak sibuk mengejar pencapaian Samsung, dengan meluncurkan produk flagship-flagship mereka yang diharapkan hadir sebagai rival seimbang dari brand asal Korea yang masih merajai kelas smartphone flagship saat ini. Apalagi setelah tumbangnya brand flagship asal Korea lainnya yaitu LG.

Dengan P Series yang akan menjadi kompetitor dari seri Galaxy S milik Samsung, Huawei mengkalim telah menawarkan beragam kemewahan smartphone flagship yang tak kalah hebat dari apa yang ditawarkan Samsung saat ini. Tak lama setelah peluncuran Galaxy S10 series, Huawei pun hadir dengan seri terbaru yaitu P30 Series.

Hadirnya Huawei P30 Series tentunya mengundang banyak tanya bagi para calon konsumen. Seberapa layak smartphone ini bersaing dengan seri flagship milik Samsung. Atau jangan-jangan smartphone ini benar-benar mampu melampaui target kompetisinya tersebut.

Kami membuat ulasan singkat perbandingan antara salah satu dari P30 series dan Galaxy S10 series, yaitu untuk versi standaar mereka, Huawei P30 dan Galaxy S10. SImak ulasan singkat kami berikut ini.

Desain

Urusan desain tentu juga menjadi hal yang cukup penting saat kita memilih sebuah smartphone. Karena desain yang menarik tentu akan menjadi perahatian konsumen saat awal memilih. Untuk Huawei P30 dan Galaxy S10, tentunya kedua smartphone ini sama-sama membawa desain yang premium sesuai dengan kategori mereka sebagai smartphone flagship.

Baik Huawei P30 dan Samsung Galaxy S10 memiliki ukuran yang relatif sama yaitu dengan layar 6,1 inci. Namun jika ditelaah lebih lanjut tentu keduanya memiliki perbedaan. Huawei P30 mengusung panel OLED dengan resolusi 1080x2340p serta rasio 19,5:9 dan tingkat kerapatan piksel 422 ppi dan dukung HDR10. P30 mengusung desain notch dengan bentuk waterdrop dibagian atasnya. Huawei tidak mengumumkan bahwa ada proteksi khusus seperti Gorilla Glass. Hanya saja, Huawei menjanjikan bahwa proteksi terhadap pecah dan baret itu ada.

Sementara itu, Galaxy S10 dibekali dengan panel Curved Dynamic Super AMOLED dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 1440 x 3040p dengan rasio 19,9:9 dan tingkat kerapatan piksel 550ppi. Galaxy S10 menghadirkan konsep infinity O pada layar, dimana crop untuk penempatan kamera depan diletakan di sudut kanan atas. Layar Galaxy S10 pun sudah mendukung fitur HDR 10+ dan dilindungi Gorilla Glass 6.

Material yang digunakan kedua produk sama-sama menggunakan kaca unibody serta frame berbahan metal. Namun yang menjadi pembeda yang cukup signifikan diantara keduanya yaitu sertifikasi ketahanan air. Dimana P30 hanya dibekali dengan sertifikasi IP53, yang akan tahan dengan debu dan percikan air sedangkan Galaxy S10 dibekali dengan IP68 yang cukup untuk bertahan dengan debu dan di kedalaman air dalam waktu tertentu.

Jika ada hal yang kami suka pada Huawei dari sisi desain adalah justru kesederhanaannya. Layar yang cenderung flat membuatnya tampil sederhana namun seluruh permukaannya menjadi efektif jika kita butuh pengendalian obyek di dalam layar. Sementara itu, opsi warna pada P30 pun kami anggap teramat menarik. Akan tetapi, secara keseluruhan, perbandingan dari sisi desain antara P30 dan Galaxy S10 masih di dominasi oleh Galaxy S10. Mulai dari layar yang lebih baik, bobot lebih ringan, hingga proteksi IP68, membuat S10 tampil lebih baik dan kekinian.   

Performa

Performa yang tinggi akan menjadi salah satu acuan saat membeli produk smartphone apalagi kelas flagship seperti P30 dan Galaxy S10. Tentu saja ekspektasi penggunaan dengan kinerja tinggi diharapkan akan membantu beragam akifitas kerja pengguna.

Untuk mengetahui perbandingan antara performa dari kedua produk, kami melakukan pengujian dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark berikut ini.

Antutu 7

AnTuTu 7 Huawei P30

AnTuTu 7 Galaxy S10

Geekbench 4

Geekbench 4 Huawei P30

 

Geekbench 4 Galaxy S10

 

3DMark

3DMark ISU Huawei P30

 

3DMark ISU Galaxy S10

 

Melihat perbandingan diatas, baik P30 dan Galaxy S10 memiliki performa yang sangat tinggi. Baik untuk urusan CPU maupun GPU. Galaxy S10 hanya terlihat unggul dengan angka yang tidak jauh berbeda dengan Huawei P30. Dengan selisih angka yang terbilang minim, perbedaannya akan sulit dirasakan bahkan saat mencobanya secara langsung. Yang pasti kedua produk ini sudah sangat lancar digunakan dalam beragam kebutuhan kerja yang berat bagi setiap pengguna. Jadi, di mata kami untuk urusan performa penggunaan sehari-hari, bisa dianggap setara saja.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , , ,

COMMENTS