in: News | April 10, 2019 | by: Dedy Irvan

Samsung Luncurkan Smartphone Seri A Berkamera Paling Uniknya: Galaxy A80

Jajaran Galaxy A dari Samsung, di tahun 2019 ini membawa banyak sekali kejutan. Mulai dari harga yang jauh lebih atraktif dibandingkan tahun sebelumnya, spesifikasi pun kian membaik. Tampaknya, Samsung benar-benar berupaya mengikuti perkembangan kebutuhan di pasar Indonesia. Lalu, bagaimana dengan Seri A di level atas? Samsung memperkenalkan Galaxy A80. (Mungkin) teratas di jajaran seri A 2019, Galaxy A80 hadir dengan inovasi unik di sektor kamera (tapi tidak hanya kamera saja).

Kamera Utama = Kamera Selfie

Cara paling mudah untuk menyuguhkan kamera selfie terbaik adalah dengan memanfaatkan kamera utama untuk selfie. Memang, sudah pernah ada smartphone terdahulu yang menyuguhkan konsep serupa. Akan tetapi, ini kali pertama bagi Samsung untuk melakukannya. Jajaran kamera utama pada Galaxy A80 akan terangkat dan memutar ke arah depan, saat kita hendak menggunakan kamera selfie. Ini membuat Samsung tidak perlu menanamkan 2 kamera berbeda untuk selfie dan kamera utama. Mekanisme ini menggunakan motor, bukan mekanisme manual.

Jajaran 3 kamera yang dimiliki Galaxy A80 ini pun cukup menarik. Kamera utamanya (wide) menggunakan sensor 48MP dengan bukaan f/2.0. Kamera ultrawide 123 derajatnya memiliki resolusi 8MP dengan bukaan f/2.2. Sementara itu, Samsung masih menambahkan sebuah kamera 3D depth yang berfungsi membantu efek bokeh pada foto dan video. Ya! Video. A80 ini adalah smartphone Samsung seri A pertama yang bisa merekam video dengan efek bokeh.

Pakai SoC Terbaru: Snapdragon 730G

Keunikan di sektor kamera, tentunya harus dipasangkan dengan SoC yang mumpuni. Oleh sebab itu, Samsung memanfaatkan Snapdragon 730G terbaru. Chip 8 core ini memiliki 2 core berkecepatan 2,2 GHz dan 6 core irit daya berkecepatan 1,7 GHz. SoC 11nm ini adalah varian dari Snapdragon 730. Penamaan “G” mengindikasikan performa GPU atau grafis yang lebih kencang sekitar 15% dibandingkan Snapdragon 730 biasa. Tentunya, ini akan menarik sekali untuk diuji nantinya.

Pertama: Super Fast Charging

Akhirnya, Samsung meningkatkan kemampuan Fast Charging mereka. Dari sebelumnya selalu 15W, kini A80 menggunakan Super Fast Charging dengan daya hingga 25W. Mengusung baterai “hanya” 3700 mAh, seharusnya pengisian daya Galaxy A80 akan menjadi jauh lebih cepat dibandingkan smartphone Samsung lainnya.

Layar: Tanpa Gangguan

Karena mekanisme kamera selfie yang unik, layar pada Samsung Galaxy A80 menjadi “bebas gangguan”. Tidak ada notch dan bezel pun tipis. Samsung bahkan mempertegas hal ini dengan menggunakan on screen sound technology. Jadi, tidak akan terlihat speaker untuk bagian telinga. Speaker saat menelepon berada di dalam layar. Oh ya, Samsung pun menggunakan mekanisme fingerprint scanner di dalam layar yang membuatnya hadir kekinian. Layar 6,7″ Super AMOLED ini benar-benar terlihat bersih tanpa gangguan sama sekali.

Samsung Galaxy A80 akan hadir ke Indonesia dalam waktu dekat dengan konfigurasi RAM 8GB, dan internal storage 128GB. Tray dual SIM tersedia, tetapi memang tidak ada slot untuk ekspansi dengan MicroSD. Harga dan paket penjualan baru akan diumumkan di kisaran akhir semester pertama 2019 nanti.

: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | February 4, 2019 | Comments

Huawei Juga Bakal Umumkan Ponsel Foldable di MWC 2019

News | March 29, 2019 | Comments

Samsung Kembali Umumkan Seri Galaxy A Terbaru, Galaxy A70

News | February 1, 2019 | Comments

Inikah Wujud Samsung Galaxy Flex Foldable?

News | February 11, 2019 | Comments

Samsung Resmi Kenalkan Galaxy M20 di Indonesia