in: News | May 17, 2019 | by: Yufianto Gunawan

ASUS Rilis Smartphone Flagship Baru: ZenFone 6

Selama beberapa hari ini, ASUS beberapa kali menampilkan teaser mengenai smartphone baru mereka di media sosial. ASUS beberapa kali menampilkan post terkait smartphone itu dengan tajuk “Defy Ordinary”, disertai dengan tanggal 16 Mei. Ya, hari ini, 16 Mei (bila kita mengikuti tanggal dan jam di tempat acara perilisan), ASUS akhirnya resmi merilis smartphone baru yang masuk ke kelas flagship itu, ZenFone 6.

Chairman ASUS membuka acara perilisan ZenFone 6

Acara perilisan ZenFone 6 ini digelar di Valencia, Spanyol. Tim Jagat Review, bersama dengan beberapa perwakilan media dan YouTuber Indonesia, berkesempatan menghadiri acara tersebut, mendengarkan langsung informasi dari ASUS terkait ZenFone 6 tersebut. Hal apa saja yang ditawarkan ASUS di smartphone baru mereka ini?

Gunakan Snapdragon 855

Sebagai smartphone flagship untuk tahun 2019, ZenFone 6 tentu saja dibekali dengan SoC premium terbaru, dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. SoC yang satu ini mengusung performa yang sangat tinggi, serta dibekali dengan segudang fitur yang bisa membuat smartphone yang menggunakannya menghadirkan beragam hal menarik, termasuk hal-hal terkait AI serta kamera. Penjelasan mengenai SoC ini bisa dibaca di artikel kami sebelumnya atau artikel terkait hasil pengujian yang pernah kami lakukan.

Marcel, dari ASUS, menjelaskan apa isi dari ZenFone 6

ASUS menyertakan RAM LPDDR4X hingga 8 GB serta storage UFS 2.1 hingga 256 GB untuk smartphone ini. Sistem operasi yang digunakan adalah ZenUI 6, dengan Android 9. Menariknya, ASUS menyebutkan bahwa ZenFone 6 ini nantinya akan jadi salah satu smartphone yang paling awal mendapatkan Android Q, serta jaminan update ke Android R.

NanoEdge Display Tanpa Notch dan Kamera Selfie

Beralih ke layar, ZenFone 6 menggunakan layar 6.4″ Full HD+ dengan panel IPS. Menariknya, ASUS menyebut layar di produk baru mereka ini sebagai layar NanoEdge, sebutan yang banyak mereka gunakan untuk layar dengan bezel tipis di laptop yang mereka tawarkan. Smartphone ini memang memiliki bezel tipis di keempat sisi layar, termasuk di bagian atas, dengan desain all-screen, yang berarti tidak ada notch di smartphone ini.

Sama dengan pendahulunya, layar ZenFone 6 ini mendukung color space 100% DCI-P3 dan menawarkan tingkat brightness hingga 600 nits. ASUS melapisi layar smartphone ini dengan Corning Gorilla Glass 6. Satu hal yang cukup unik, bagian depan smartphone ini benar-benar hampir seluruhnya diisi oleh layar, tanpa terlihat ada kamera selfie.

Lalu, Selfie Pakai Apa?

Walaupun hadir tanpa kamera selfie, ZenFone 6 ini masih menawarkan fitur selfie, yaitu dengan Flip Camera. Kamera utama di smartphone ini bisa diputar hingga menghadap ke arah pengguna, sehingga berfungsi juga sebagai kamera selfie. Konfigurasi yang diusung kamera utama tersebut adalah dual-camera, dengan sensor 48 MP Sony IMX586 f/1.79 untuk sensor utama dan 13 MP f/2.0 untuk ultrawide. Penjelasan mengenai detail kamera menarik ini dan fitur yang ditawarkan akan kami tampilkan di artikel lain.

Kamera utama smartphone ini bisa “diputar”, jadi berfungsi juga untuk selfie.

Baterai: Besar untuk Kelas Flagship

Untuk baterai, ASUS menawarkan baterai yang terbilang besar untuk kelas flagship, yaitu 5000 mAh. Sementara untuk pengisian ulang baterai, ZenFone 6 ini mendukung Quick Charge 4 dengan daya maksimal hanya 18 Watt. Terkait hal itu, ASUS memiliki pandangan bahwa dengan kapasitas baterai yang besar, pengguna ZenFone 6 bisa menggunakan smartphone itu hingga satu hari penuh tanpa perlu berulang kali melakukan pengisian daya baterai, sehingga kemampuan pengisian daya baterai cepat kurang begitu relevan di smartphone ini. Selain itu, untuk pengisian ulang baterai dengan daya yang lebih besar, baterai yang lebih tebal akan dibutuhkan, membuat smartphone ini menjadi lebih tebal, dan itu tampaknya ingin dihindari ASUS.

Varian dan Harga

Terkait konektivitas, ZenFone 6 ini memang belum mendukung 5G, tetapi tetap terbilang mengusung konektivitas modern, yaitu dengan tersedianya Dual 4G, WiFi dual-band (802.11 a/b/g/n/ac) 2×2 MU-MIMO, Bluetooth 5.0, serta NFC. Smartphone ini juga menggunakan USB Type C, masih dilengkapi dengan audio jack 3.5 mm, serta memiliki dual-speaker.

Terdapat satu tombol ekstra di sisi kanan smartphone ini, yaitu Smart Key, yang bisa digunakan untuk akses cepat ke Google Assistant. Fungsi dari tombol ini bisa diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk SIM dan Micro SD, ZenFone 6 hadir dengan tray triple slot, yang bisa dijumpai di sisi kiri.

Video kami untuk hands-on dari ZenFone 6 ini bisa Anda lihat di link berikut ini: Hands-On ZenFone 6

ASUS akan menawarkan smartphone ini dalam warna Midnight Black dan Twilight Silver. Sementara untuk varian RAM dan storage, tersedia 3 varian yaitu 6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB, dan 8 GB/256 GB. Harga, sayangnya dalam Euro, yang disebutkan ASUS untuk ketiga varian itu adalah EUR 499, EUR 559, dan EUR 599, dari varian dengan storage paling kecil ke yang paling besar.

: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | December 5, 2019 | Comments

Asus ROG Phone II Resmi Dirilis, Ini Harganya!

News | November 11, 2019 | Comments

MediaTek akan Kenalkan Chipset 5G Baru pada 26 November 2019

News | October 26, 2019 | Comments

Oppo Ajak Media dan YouTuber Jajal Reno2 di Bromo

News | October 21, 2019 | Comments

Samsung Galaxy A90 Versi 5G Resmi Dijual