in: News - Reviews | May 1, 2019 | by: Irham

Review Nokia 5.1 Plus: Harga Rp. 2 Jutaan, Masihkah Layak Bersaing?

Uji Performa

AnTuTu 7

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur performa sebuah perangkat Android. AnTuTu menjalankan set pengujian untuk penilaian performa perangkat yang dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu Graphics, CPU, UX (User Experience), dan RAM. Di pengujian kali ini, kami menggunakan AnTuTu 7.

Geekbench 4

GeekBench merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan berbagai algoritma komputasi yang banyak digunakan di skenario real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core.

3DMark

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smartphone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis. Tes yang dijalankan adalah Ice Storm Unlimited.

GFXBenchmark

Benchmark ini juga digunakan untuk melihat gambaran kemampuan dari sebuah smartphone dalam menangani pemrosesan grafis. Ada beberapa scene yang tersedia, yang masing-masing menawarkan beban yang berbeda, dan juga beberapa dengan API yang berbeda, sehingga benchmark ini kami anggap bisa mewakili gambaran performa smartphone dalam hal gaming. Tes yang kami jalankan kali ini adalah T-Rex Offscreen dan Manhattan ES 3.1 1080p On-screen.

Satu hal menarik yang ditawarkan oleh benchmark ini adalah tes “onscreen” di mana scene ditampilkan di resolusi native dari layar smartphone. Jadi, hasil yang ditampilkan benar-benar menunjukkan hasil sesuai dengan yang bisa didapatkan di penggunaan sehari-hari. Hasil tes onscreen ini akan kami tampilkan bila layar smartphone yang diuji memiliki resolusi berbeda dari resolusi benchmark.

Meski bukan yang terbaik, dari keseluruhan pengujian yang kami lakukan menggunakan beberapa aplikasi benchmark, Nokia 5.1 Plus cukup nyata memiliki performa yang tergolong baik di kelasnya. Bahkan dengan performa CPU yang sedikit diturunkan, Helio P60 di smartphone Nokia 5.1 Plus masih memberikan kinerja yang sangat baik. Untuk kemampuan grafis, resolusi layar HD+ yang digunakan memberikan keuntungan dimana secara on-screen, performa grafis akan lebih ringan dibandingkan smartphone lain yang menggunakan layar beresolusi FullHD+.

Pada pengujian lain untuk gaming, kami menjalankan game PUBG dan smartphone ini secara default akan menjalankan aplikasi game tersebut di setting Middle. Dan saat bermain, rata-rata frame ratenya yaitu di kisaran 25-30 FPS. Untuk gaming for fun dan bukan level kompetisi, angka tersebut sudah cukup optimal saat digunakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS