in: News - Reviews | May 1, 2019 | by: Irham

Review Nokia 5.1 Plus: Harga Rp. 2 Jutaan, Masihkah Layak Bersaing?

Kamera

Kamera sepertinya bukan menjadi keunggulan dari Nokia 5.1 Plus. Dibandingkan smartphone lain sekelas, Nokia 5.1 Plus bisa dibilang hanya menawarkan fitur kamera yang standar. Kamera utamanya menggunakan semsor 13 MP dengan aperture F/2.0 dan kamera sekunder 5MP (depth sensor). Kualitas kamera baik secara detail dan warna tidak begitu istimewa. Di kondisi terang, detail terlihat cukup baik, namun saturasi warna masih terlihat kurang. Sementara itu di kondisi gelap,mMeskipun untuk noise terlihat berkurang, tampaknya kinerja noise reduction sangat tinggi sehingga  detailnya terlihat berkurang. Kondisi backlight, dynamic range masih tergolong kurang memuaskan dan objek gambar akan terlihat menyerupai siluet.  Sedangkan kamera depannya yaitu dengan sensor 8MP, yang juga memperlihatkan kualitas yang standar. Selain itu shutter kamera tergolong lambat, sehingga seringkali gambar masih agak blur.

Beberapa menu kamera yang tersedia diantaranya seperti live bokeh, Pro Mode, Slow Motion, AR emoji, dan Dual Sight camera. Untuk dual sight kamera, baik kamera depan maupun kamera belakang diaktifkan secara bersamaan sehingga pengguna bisa mengabadikan gambar ataupun video dengan dua arah sekaligus. Ini akan cukup baik digunakan saat merekam video untuk livestreaming ataupun membuat footage vlog.

Foto-foto menggunakan kamera utama:

Foto-foto menggunakan kamera selfie:

Baterai

Kapasitas baterai yang tersedia di Nokia 5.1 Plus ini memang tergolong kecil. Dimana baterai yang tersedia yaitu hanya sebesar 3060mAh. Namun pada hasil pengujian, smartphone ini menunjukan hasil yang cukup baik. Meskipun tentunya tidak akan setara dengan smartphone lain yang memiliki baterai berkapasitas 4000mAh. Pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama 9 Jam 26 menit.

Kami juga menguji dengan memutar video secara playback, dan smartphone ini hanya mampu bertahan selama sekitar 11 Jam.

Sedangkan saat pengisian, juga terbilang cukup cepat. Untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu selama 1 Jam 49 menit. Pengisian dilakukan dengan adaptor charger yang memiliki output 5V 2A. Tentunya dengan kapasitas baterai yang kecil, pengisian dapat dilakukan lebih cepat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS