in: Featured - Highlights - News - Reviews | May 8, 2019 | by: Irham

Review Realme 3 Pro: Flagshipnya Anak Muda!

Uji Performa

Untuk pengujian performa dari realme 3 Pro ini akan kami tampilkan dalam dua kondisi pada tabel, yaitu kondisi  Normal Mode dan performa Competitive Mode. Normal mode bisa digunakan untuk penggunaan keseharian, sedangkan Competitive mode bisa digunakan untuk kondisi yang membutuhkan kinerja lebih maksimal, seperti saat bermain game ataupun editing.

AnTuTu 7

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur performa sebuah perangkat Android. AnTuTu menjalankan set pengujian untuk penilaian performa perangkat yang dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu Graphics, CPU, UX (User Experience), dan RAM. Di pengujian kali ini, kami menggunakan AnTuTu 7.

 

 

Geekbench 4

GeekBench merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan berbagai algoritma komputasi yang banyak digunakan di skenario real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core.

 

3DMark

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smartphone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis. Tes yang dijalankan adalah Ice Storm Unlimited.

 

GFXBenchmark

Benchmark ini juga digunakan untuk melihat gambaran kemampuan dari sebuah smartphone dalam menangani pemrosesan grafis. Ada beberapa scene yang tersedia, yang masing-masing menawarkan beban yang berbeda, dan juga beberapa dengan API yang berbeda, sehingga benchmark ini kami anggap bisa mewakili gambaran performa smartphone dalam hal gaming. Tes yang kami jalankan kali ini adalah T-Rex Offscreen dan Manhattan ES 3.1 1080p On-screen.

Secara keseluruhan, performa dari realme 3 Pro yang berbekal SoC Snapdragon 710 tentu saja mengungguli smartphone lain sekelas atau bahkan diatas kelasnya. Baik secara performa CPU maupun GPU. Untuk urusan penggunaan sehari-hari seperti multitasking, browsing, streaming dan lain-lain tentu sudah sangat nyaman digunakan di realme 3 Pro, bahkan hanya dengan mode normal. Untuk pekerjaan lebih berat seperti bermain game, pengguna bisa mengaktifkan competitive mode, yang akan meningkatkan performa CPU dan GPU pada perangkat.

Tentunya di kondisi normal mode, efisiensi daya akan lebih baik sementara dikondisi competitive mode, konsumsi  daya juga  akan lebih maksimal. Begitu pula dengan suhu perangkat, yang akan lebih cepat naik saat dijalankan di competitive mode.

Pada pengujian lain menggunakan aplikasi Gamebench untuk mencatat frame rate pada smartphone, pada saat bermain game PUBG smartphone ini memperlihatkan angka yang cukup stabil di angka 37-40 FPS dengan kondisi setting Smooth-Ultra. Sedangkan saat kondisi settings diunlocked menjadi Smooth-Extreme, angka Frame Rate juga stabil di kisaran 55-60 FPS. Di game lain seperti Asphalt 9 dan juga Fortnite, angka frame rate stabil di 30 FPS. Dari angka-angka pengujian tersebut, membuktikan bahwa realme 3 Pro juga sangat nyaman digunakan untuk bermain game hingga di kualitas grafis yang tinggi sekalipun.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS