in: Featured - Highlights - Reviews | May 17, 2019 | by: Irham

Review realme C2: Smartphone Baterai Besar Kekinian!

Selain meluncurkan produk flagship realme 3 pro mereka, realme juga meluncurkan smartphone yang disebut-sebut sebagai the new entry level king yaitu realme C2. Smartphone ini mengandalkan performa layar dan baterai besar sebagai fitur unggulan yang ditawarkan.

Hadir dengan desain inovatif yang cukup menarik, realme C2 juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu di kisaran Rp. 1 jutaan. Perangkat diekspektasikan mampu menjawab kebutuhan penguna muda akan smartphone yang bisa digunakan seharian tanpa khawatir lag maupun baterai yang cepat habis.

Kami berkesempatan menguji langsung perangkat realme C2. Dan setelah melewati beberapa pengujian review, berikut ulasan kami untuk produk realme C2.

Desain

Dari segi desain, realme C2 terlihat memiliki desain yang cukup menarik. Meski didapuk sebagai smartphone entry level di harga Rp. 1 jutaan, namun realme C2 memiliki penampilan yang cukup terlihat elegan. Melalui Layar 6,1 inci dew drop serta body dengan material poly carbonate dengan konsep Diamond Cut, ponsel ini berhasil memberikan desain yang tidak monoton.

Tidak seperti Diamond Cut dengan sentuhan akhir glossy seperti yang diusungnya pada produk realme 2, realme C2 memberikan sentuhan akhir Diamond Cut dengan tekstur arsir polygonal. Selain membuatnya terlihat menarik, desain ini juga membuat realme C2 lebih mudah digenggam, karena tekstur arsir tersebut memberikan grip lebih baik di genggaman tangan pengguna. Adapun varian yang kami uji adalah Diamond Black, disamping warna lainnya yang tersedia yaitu Diamond Blue.

Panel bagian depan dengan desain dew drop, memuat kamera selfie dan juga speaker handset di celah tersebut. Meski hadir dengan layar fullview dan notch tersebut, namun tidak dipungkiri bezel disisi layar masih agak tebal.

Perangkat ini memiliki ukuran dimensi 154.3 x 73.7mm dengan ketebalan 8.5 mm, dan berat 166 gram. Ukuran dan bobot perangkat membuatnya cukup nyaman digenggam, tidak terlalu ringan.  Perangkat ini juga diklaim telah dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass pada panel bagian depan. Meski tidak disebutkan versi berapa, tapi tentunya akan memberikan perlindungan tambahan dari goresan. Selain itu layar depan juga sudah dilapisi dengan film anti gores untuk menambah proteksi.

Beralih ke penempatan tombol dan slot, realme C2 memiliki tombol power di sisi bagian kanan. Sedangkan tombol volume berada di sisi sebelah kiri, bersama dengan slot SIMCard. Adapun slot atau tray SIMCard yang tersedia yaitu triple slot, dengan dua slot nano SIM dan satu slot MicroSD. Pengguna bisa menambahkan memori hingga 256GB melalui slot microSD yang tersedia.

Di sisi bagian bawah terdapat slot MicroUSB, jack 3,5mm, dan juga grill speaker. Sedangkan di sisi bagian atas hanya terlihat polos tanpa ada modul apapun.

Spesifikasi

Spesifikasi yang diusung oleh realme C2 tampak disesuaikan dengan kebutuhan segmen yang dituju. Dimana smartphone hadir sebagai pilihan smartphone terjangkau yang memiliki daya penuh dan tahan lama untuk aktivitas sehari-hari pengguna. Smartphone mengusung layar 6,1 inci dengan resolusi HD+ 1560 x 720p dengan rasio 19.5:9. Resolusi layar lebih rendah tentunya akan memberikan efisiensi daya lebih baik. Namun demikian visibiltas dari realme C2 masih terlihat baik, dan cukup terang terlihat.

Adapun SoC yang digunakan adalah MediaTek Helio P22 (Octa core Cortex A53 up to 2.0 GHz + PowerVR GE8320) yang telah menggunakan fabrikasi 12 nm, yang diharapkan memilki efisien daya lebih baik. Varian yang kami uji menggunakan RAM berkapasitas 3 GB dan internal storage sebesar 32 GB. Realme C2 juga tersedia dengan varian RAM 2 GB dan internal storage 16 GB.

Pada fitur kamera, realme C2 memiliki kamera utama dual sensor 13 MP f/2.2 + 2 MP f/2.4 (depth sensor). Fitur-fitur kamera yang tersedia seperti Potrait Mode, HDR, Chroma Boost. Sedangkan untuk kamera selfienya, smartphone ini dibekali dengan sensor kamera 5 MP f/2.0 dengan fitur AI Beauty.

Seperti yang dibahas diawal bahwa smartphone ini ditujukan untuk pengguna yang menginginkan daya tahan baterai yang kuat, realme C2 dibekali dengan baterai yang cukup besar yaitu 4000 mAh. Paduan layar resolusi rendah, SoC hemat daya dan kapasitas baterai yang besar pastinya memberikan ekspektasi manajemen daya yang terbaik.

Realme C2 berjalan menggunakan sistem operasi ColorOS 6.0 yang berbasis Android 9 (Pie). Adapun kelengkapan sensor yang tersedia seperti diantaranya Accelerometer, Proximity Sensor, Light Sensor, compass, dan juga Gyroscope. Namun perangkat ini belum dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk kebutuhan keamanan perangkat. Namun telah tersedia fitur otentikasi Face Unlocked yang dapat digunakan untuk keamanan. Face Unlocked bekerja cukup responsif.

Konektivitas yang tersedia tentunya jaringan selular 4GLTE yang mendukung semua operator di Tanah Air, WiFi 2.4 GHz, GPS serta Bluetooth 4.2.

Pada paket penjualannya realme C2 berisi antara lain smartphone, adaptor charger, kabel microUSB dan SIM ejector.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS