in: News | May 9, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera Smartphone 64 MP Pertama di Dunia

Setelah bulan Oktober 2018 lalu Samsung meluncurkan sensor kamera 48 MP dan 32 MP untuk smartphone, kali ini mereka memperkenalkan dua sensor kamera baru lagi. Dua sensor baru itu menawarkan jumlah piksel lebih banyak lagi, 64 MP dan 48 MP. Sensor 64MP ini diberi nama ISOCELL Bright GW1, sedangkan untuk sensor 48 MP bernama ISOCELL Bright GM2. Sensor kamera 64 MP untuk smartphone ini merupakan yang pertama di dunia.

Kedua sensor ini memiliki ukuran 0.8 μm, sama seperti sensor pendahulunya. GW1 dan GM2 juga sama-sama menggunakan teknologi Isocell Plus, yang mampu mengurangi terjadinya kebocoran cahaya. Selain itu, kedua sensor ini juga menerapkan teknologi Tetracell yang menggunakan empat piksel sebagai “satu”, sehingga mampu meningkatkan kualitas foto pada lingkungan gelap. GW1 mampu menghasilkan foto detail di lingkungan gelap dengan resolusi 16 MP dan 64 MP di lingkungan terang.

Kedua sensor ini memiliki fitur dual conversion gain, yang mampu mengurangi noise yang masuk, dan meningkatkan akurasi warna pada foto. Untuk GW1 sendiri mampu mendukung perekaman hingga 480fps slow motion dalam resolusi Full HD, dengan High Dynamic Range. Kedua sensor ini juga mendukung kemampuan autofocus super cepat.

Produsen smartphone asal Korea ini menyatakan bahwa hingga saat ini ISOCELL Bright GW1 dan GM2 sedang memasuki tahap sampling. Samsung juga mengumumkan bahwa kedua sensor ini akan memasuki masa produksi masal di paruh kedua tahun 2019. Sayangnya, belum diketahui di smartphone apa sensor baru ini akan digunakan.

:

COMMENTS