in: News | May 14, 2019 | by: Rifqi Sulthan

TSMC Mulai Produksi Massal N7 Pro untuk Chip A13 Apple

Baru-baru ini, TSMC dilaporkan telah mempersiapkan untuk produksi massal 7nm N7 Pro process node mereka untuk Apple. TSMC merupakan produsen semikonduktor tunggal untuk chip A13 Apple, yang akan dipasang pada iPhone terbaru mereka. Dilansir dari Bloomberg, bahwa TSMC akan memulai produksi massal di akhir bulan ini.

Pengumuman ini mempercepat rencana awal dari TSMC, karena menurut jadwal yang mereka rilis beberapa waktu lalu, produksi massal baru akan mulai dilakukan pada bulan Juni tahun 2019. Menurut laporan tersebut, TSMC menyatakan bahwa mereka juga telah melakukan tahap produksi untuk uji coba chip A13 sejak bulan April tahun 2019.

Chip A13 ini merupakan penerus dari chip A12 Bionic yang digunakan pada iPhone XS Max, XS dan XR yang dirilis tahun lalu. Chip A13 akan menggabungkan berbagai komponen, seperti modem seluler untuk telepon dan koneksi internet. Di dalam chip ini juga terdapat komponen tenaga baru milik Apple yang diakuisisi dari Dialog Semiconductor Plc.

TSMC telah memprediksi bahwa 7nm process node masih akan menjadi salah satu sumber pemasukan terbesar dari mereka di tahun ini, mengingkat pada kuartal ke-empat tahun 2018 7nm process node telah menyumbang hingga 23% pemasukan jika dibandingkan dengan process node lainnya. Apple dan TSMC belum mengumumkan lebih jauh mengenai spesifikasi lengkap dari chip A13 ini. Apakah chip ini akan mampu menandingi prosesor mobile dari produsen lain? Kita tunggu saja informasi lengkapnya.

: , ,

COMMENTS