in: News | May 10, 2019 | by: Rifqi Sulthan

WhatsApp Akan Hentikan Dukungan Untuk Seluruh Windows Phone

WhatsApp yang merupakan raksasa aplikasi messenger mengumumkan dalam blog-nya bahwa mereka akan menghentikan dukungan ke beberapa smartphone versi lawas. Beberapa OS smartphone yang akan dihentikan dukungan di antaranya Windows Phone, iOS 7 dan sebelumnya, serta Android 2.3.7 dan sebelumnya.

Terakhir kali WhatsApp menghentikan dukungan pada sebuah sistem operasi secara keseluruhan terjadi pada tahun 2017, dimana mereka menghentikan dukungan untuk seluruh BlackBerry OS. Kali ini, WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk seluruh smartphone dengan sistem operasi Windows Phone pada tanggal 31 Desember 2019. Untuk Android versi sebelumnya seeperti 2.3.7 dan iOS versi sebelum iOS7 sendiri akan dihentikan mulai tanggal 1 Februari 2020.

Perubahan kebijakan ini dinilai tidak terlalu berpengaruh pada pengguna, mengingat Windows Phone terakhir dirilis pada tahun 2015, iOS7 tahun 2013 dan Android 2.3.7 sendiri dirilis pada tahun 2010. Dari data yang dirilis Google bulan ini, pengguna Android versi di bawah 2.3.7 hanya 0.3%. Dari iOS sendiri hanya 5% yang masih menggunakan versi dibawah iOS10.

Dengan munculnya pemberitahuan ini, WhatsApp berharap pengguna dapat melakukan upgrade smartphone jika smartphone mereka tertera dalam daftar pemberhentian dukungan tersebut, mengingat tanggal akhir pemberhentian dukungan masih lebih dari setengah tahun. WhatsApp juga menyatakan bahwa mereka tidak akan memberikan dukungan apapun jika terjadi kerusakan di smartphone tersebut.

: ,

COMMENTS