in: News | June 4, 2019 | by: Yufianto Gunawan

GPU RDNA dari AMD Akan Hadir di Smartphone Samsung

Arsitektur RDNA baru saja diumumkan AMD di Computex 2019 lalu, digunakan di GPU Navi, yang produk pertamanya akan dirilis dalam waktu dekat ini. Menariknya, GPU dengan arsitektur RDNA ini tampaknya juga akan hadir di berbagai perangkat lain, bukan cuma PC dan console, melainkan hingga di smartphone. Hal itu dimungkinkan karena kerja sama terbaru AMD dan Samsung yang baru saja diumumkan.

Hadirkan RDNA di Perangkat Mobile

Samsung memang sudah sejak beberapa waktu lalu disebut tengah mencari solusi baru untuk GPU di SoC mereka. Raksasa elektronik dari Korea Selatan itu bahkan sempat disebut akan menggunakan GPU turunan dari produk AMD atau NVIDIA. Kini, Samsung tampaknya sudah menentukan pilihan, dan RDNA dari AMD mereka pilih untuk membantu mereka mengembangkan GPU untuk aplikasi di perangkat mobile.

RDNA sendiri disebut AMD menawarkan skalabilitas yang baik, sehingga bisa dikembangkan untuk GPU di SoC yang digunakan untuk smartphone. AMD juga menyebutkan bahwa kerja sama dengan Samsung ini tidak tertutup akan berlanjut ke hal lain, di luar smartphone. Jadi, Samsung mungkin saja mengembangkan produk turunan RDNA lain, untuk aplikasi di produk lain.

Samsung Ingin Perubahan di GPU Mobile

Terkait langkah Samsung ini, mereka tampaknya ingin menghadirkan perubahan di ranah GPU smartphone. Selama ini, Samsung lebih banyak menggunakan GPU dari ARM, Mali, untuk jajaran SoC mereka. Ke depan, tampaknya Samsung akan mengganti GPU Mali dengan GPU besutan mereka sendiri, berbasis arsitektur RDNA ini.

Pihak Samsung sendiri akan membayar biaya lisensi untuk penggunaan arsitektur RDNA ini ke AMD. AMD juga akan mendapatkan bagian dari setiap GPU yang terjual nantinya, dalam bentuk royalti. Sayangnya, untuk saat ini, belum disebutkan kapan Samsung akan mulai menggunakan GPU baru berbasis RDNA tersebut. Namun, besar kemungkinan hal itu belum akan terjadi di SoC premium mereka berikutnya, karena seharusnya SoC tersebut sudah dirancang dan dikembangkan sebelum kesepakatan ini.

: ,

COMMENTS