in: News | June 17, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Iklan Pada Lockscreen Smartphone Huawei?

Ada kabar menarik yang dilaporkan oleh beberapa pengguna smartphone Huawei. Dilansir dari Android Police bahwa banyak pengguna smartphone Huawei yang mendapati iklan pada lockscreen mereka. Iklan yang ditampilkan seluruhnya berupa iklan Booking.com, sebuah situs reservasi hotel, penginapan dan penerbangan. Hal ini dapat menjadi pukulan bagi Huawei, mengingat kondisi mereka yang sedang tidak stabil terkait regulasi dari Amerika Serikat.

9to5Google telah merilis beberapa jenis smartphone yang memiliki masalah ini. Beberapa perangkat yang disebutkan adalah Huawei P30 Pro, P20, P20 Lite, P20 Pro, Mate 20 Pro dan Honor 10. Mereka juga menambahkan bahwa ada kemungkinan untuk berbagai jenis smartphone Huawei yang tidak tertera di atas terkena masalah ini, walaupun tidak semua smartphone dengan jenis yang tertera di atas terdapat iklan pada lockscreen-nya.

Dilansir dari The Verge, Salah seorang pengguna Reddit menemukan bahwa pengguna yang terkena masalah ini adalah mereka yang mengaktifkan lockscreen wallpaper secara default. Ia mengungkapkan bahwa dengan mengganti default lockscreen wallpaper menjadi wallpaper kustom dapat menghilangkan masalah ini. Salah satu pengguna twitter yang mengeluhkan masalah ini mendapat balasan dari akun Twitter resmi Huawei Jerman. Mereka meminta maaf atas kejadian ini karena membuat pengguna berfikir bahwa Huawei menginginkan adanya iklan tersebut. Salah seorang pengguna juga menambahkan bahwa masalah ini dapat diatasi dengan menghapus gambar background melalui menu pengaturan.

Huawei sendiri belum memberikan keterangan resmi terkait hal ini. Apapun alasannya, kejadian ini bukanlah hal yang baik bagi Huawei, mengingat perusahaan raksasa asal Cina ini sedang dalam pengawasan publik terkait aturan dari Amerika Serikat.

Sumber: 9to5Google, The Verge

: , ,

COMMENTS