in: News | June 13, 2019 | by: Rifqi Sulthan

Qualcomm Jalin Kerjasama dengan Samsung untuk Produksi Snapdragon 865

Setelah sukses dengan chipset Snapdragon 855, Qualcomm kali ini mulai mengembangkan chipset terbaru mereka, Snapdragon 865. Ada yang menarik dari informasi ini, mengingat untuk chipset Snapdragon 845 dan 855 Qualcomm selalu bekerjasama dengan TSMC untuk mengembangkan chip mereka. Kali ini, Qualcomm berencana untuk kembali bekerjasama dengan Samsung dalam pengembangan Snapdragon 865.

Qualcomm menilai bahwa proses 7nm EUV milik Samsung memiliki teknologi yang lebih mutakhir jika dibandingkan dengan node 7nm milik TSMC. Walaupun belum disepakati, dilansir dari gmsarena bahwa perjanjian ini telah memasuki tahap akhir dari kesepakatan tersebut. Beredar rumor yang menyatakan bahwa akan terdapat dua jenis chipset Snapdragon 865, yakni versi standar dan versi yang menggunakan modem X55 5G. Qualcomm sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini.

Qualcomm bukan merupakan perusahaan pertama yang menggunakan foundry milik Samsung. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Nvidia telah bekerjasama dengan Samsung untuk mengembangkan arsitektur Ampere yang menggunakan proses 7nm pada kartu grafis terbaru mereka. Selain itu, IBM juga memilih untuk menggunakan foundry 7nm EUV milik Samsung dalam pengembangan Power Processor generasi terbaru mereka. AMD juga menjadi salah satu perusahaan yang bekerjasama dengan Samsung dalam pengembangan mobile GPU mereka.

Dilansir dari gsmarena bahwa Samsung dilaporkan telah berencana untuk meningkatkan produksi foundry EUV mereka. Hal ini dilakukan terkait tingginya permintaan pasar untuk produk ini. Mereka juga telah menjadwalkan garis produksi selanjutnya yang akan dimulai pada bulan Februari tahun 2020.

: , ,

COMMENTS