in: Reviews | June 10, 2019 | by: Irham

Review ROG Phone: Gadget Gaming Mobile Mewah dengan Aksesoris Melimpah

Kamera

Secara spesifikasi, kamera dari ROG Phone cukup menjanjikan, dimana smartphone ini mengusung dual sensor kamera IMX363 12MP F/1.8 + 8MP (UltraWide) di bagian belakang. Dengan dua angle yang berbeda, tentunya pengguna bisa menangkap gambar dengan perspektif yang berbeda. Untuk kualitasnya cukup baik, dan hampir mirip dengan Zenfone 5Z, yang tentunya kelasnya juga sudah tergolong sebagai smartphone flagship.

Baik secara detail, tone warna dan pencahyaannya terasa cukup seimbang. Dalam kondisi low light juga minim noise. Namun dibandingkan dengan beberapa smartphone flagship terkini, fitur kamera di ROG Phone memang masih minim. Misalnya seperti fitur Scene Recognition ataupun Night Mode, belum tersedia pada menu kamera ROG Phone. Bukan kekurangan yang wajib digaris bawahi, karena ASUS memang mengutamakan smartphone ini tampil sebagai smartphone gaming, bukan smartphone fotografi.

Disamping itu, fitur HDR juga terlihat kurang maksimal. Baik saat HDR non aktif maupun aktif, tidak ada perubahan yang signifikan untuk dyanmic range pada hasil foto. Potrait mode terlihat cukup memuaskan, dimana kita dapat mengabadikan foto dengan bagian fokus dan blur yang sangat baik. Dapat kita lihat di beberapa sample foto berikut ini.

Untuk kamera depan, smartphone ini menggunakan kamera dengan sensor 8MP dan bukaan F/1.8. Kualitasnya juga cukup memuaskan, baik pengambilan gambar baik pada kondisi terang maupun gelap terlihat sangat baik. Hanya saja untuk kamera depan shutter terasa sedikit lambat, sehingga sering kali foto menjadi blur. Pengguna perlu sedikit menahan kamera hingga selesai memproses foto agar mendapat hasil maksimal. Terdapat fitur potrait mode yang juga dapat digunakan untuk kamera depan.

Untuk perekaman video, smartphone ini mampu merekam hingga kualitas 4K (60FPS), dan juga telah dibekali dengan video stabilization. Stabilisasi cukup mampu menahan guncangan, namun proses  EIS yang bekerja melalui software membuat hasil yang ditampilkan terlihat bergelombang. Tampaknya ASUS kembali perlu memberikan perbaikan untuk perekaman video, semaksimal yang pernah dihadirkan di seri Zenfone 3. Berikut contoh perekaman video menggunakan ROG Phone.

Baterai

Dari segi baterai, ROG Phone dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Untuk kategori smartphone gaming, mungkin ini masih terbilang standar. Mengingat untuk seri mobile gaming smartphone kelas menengah kebawah mereka yaitu Zenfone Max Pro series sudah dibekali dengan 5000mAh. Namun tentunya ada pertimbangan lain dari ASUS untuk produk yang satu ini, baik dari segi desain maupun fitur pengaya yang mendukung.

Kami menguji kemampuan baterai dari ROG Phone dengan melakukan tes video playback dengan video berkualitas HD 720p dan smartphone ini mampu bertahan selama 14 Jam 10 Menit. Meski tak sebaik manajemen daya pada beberapa smartphone terkini, namun dengan performa tinggi yang ditawarkan pun smartphone ini sudah cukup untuk mengakomodir penggunaan seharian.

Sedangkan untuk pengisian baterai berjalan dengan cukup cepat. Untuk mengisi smartphone dari kondisi kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu 1 Jam 33 menit. Untuk kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4000mAh, pengisian ini tergolong sangat cepat. Output yang dihasilkan dari adaptor charger ROG Phone yaitu maksimal 9V/3A.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
: , ,

COMMENTS