in: News | June 18, 2019 | by: Irham

SK Telecom, Nokia & Ericsson Jalin Kerjasama Pengembangan 6G

Era 5G memang sudah dimulai, meskipun saat ini implementasinya pun belum merata di seluruh dunia. Namun beberapa negara telah mulai menghadirkan 5G secara komersil. Dan rupanya setelah 5G mulai diimplementasikan, teknologi 6G tampaknya juga sudah mulai dkembangkan.

Adalah SK Telecom, perusahaan provider selular asal Korea Selatan yang menjalin kerjasama dengan dua perusahaan telekomunikasi Nokia dan Ericsson untuk mengembangkan teknologi 6G tersebut. CEO SKT Park Jeong-Ho telah bertemu dengan Tommi Uitto dari Nokia Mobile Network dan Per Narvinger dari Ericsson untuk menandatangani memorandum pengembangan teknologi bersama.

Tujuan kerjasama ini yaitu meningkatkan infrastrktur 5G, dimana Telecom akan bekerja sama dengan dua perusahaan tersebut untuk meningkatkan latensi pada jaringan yang ada. Serta membawa jaringan 5G komersial dengan dukungan pita 28GHz. Selain itu, juga menentukan dasar-dasar pengembangan teknologi jaringan, dalam hal ini adalah teknologi jaringan 6G.

Kerjasama antara ketiga perusahaan ini cukup penting, karena hingga saat ini teknologi 6G belum didefinisikan secara jelas. Kolaborasi ini diharapkan bisa menghasilkan persyaratan pengembangan 6G serta menentukan model bisnis untuk teknologi 6G itu sendiri.

: , , ,

COMMENTS