in: News | July 12, 2019 | by: Friska

Google Translate Kini Dukung 60 Bahasa Baru untuk Instant Translation

Tidak lama ini, pihak Google baru saja menuliskan bahwa mereka telah melakukan upgrade besar untuk aplikasi Google Translate. Upgrade yang difokuskan pada Google Translate kali ini adalah fitur instant translation yang bisa diaktifkan hanya dengan menggunakan kamera bawaan smartphone yang memiliki aplikasi tersebut.

Disebut dalam halaman blog resmi Google, instant camera translation untuk Google Translate telah memiliki penambahan 60 bahasa baru untuk melengkapi daftar bahasa yang didukung oleh aplikasi ini. Untuk melihat seluruh 88 bahasa yang kini telah didukung oleh aplikasi dan bisa digunakan langsung untuk instant camera translation, bisa melihat daftarnya di halaman ini. Menariknya, hasil translasinya tidak terbatas hanya ke bahasa Inggris saja, tetapi bisa ke lebih dari 100 bahasa yang didukung oleh Google Translate. Artinya, pengguna bisa saja melakukan translasi bahasa dari Jepang ke bahasa Perancis.

Selain itu, fitur deteksi bahasa otomatis juga ditingkatkan untuk instant camera translation tersebut, di mana kini pengguna bisa memilih “Detect Language” alih-alih harus memilih lebih dulu bahasa awal yang hendak ditranslasi. Aplikasi bisa mendeteksi bahasa yang hendak ditranslasi tersebut dengan lebih mudah, untuk kemudian dikonversi ke bahasa yang diinginkan.

Fitur yang ditingkatkan pada translasi lewat kamera ini bisa terjadi berkat teknologi Neural Machine Translation (NMT) yang disematkan pada fitur aplikasi tersebut. Dengan teknologi ini, proses translasi bisa lebih akurat dan natural, dengan tingkat error berkurang hingga 55-85 persen tergantung dari pasangan bahasa yang digunakan ketika melakukan translasi bahasa. Hampir semua bahasa yang didukung dapat diunduh untuk digunakan secara offline, akan tetapi pihak Google mengatakan bahwa proses translasi tentunya akan lebih baik.

Update besar untuk aplikasi Google Translate ini sudah bisa didapatkan di Google Play Store.

: ,

COMMENTS