in: News | July 22, 2019 | by: Friska

Huawei: Hongmeng OS Bukan untuk Smartphone

Beberapa waktu yang lalu, ketika perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok tengah memanas, Huawei sempat menyatakan bahwa pihaknya memiliki rencana cadangan untuk mengembangkan OS (operating system) sendiri jika tidak bisa menggunakan OS Android kembali. OS yang diberi nama Hongmeng tersebut sempat disinggung dalam beberapa waktu yang lalu, sebelum kemudian perang dagang tengah mendapatkan titik tengah sehingga Huawei diasumsikan masih bisa menggunakan OS Android seperti biasanya.

Walau demikian, Hongmeng OS tersebut apakah benar untuk perangkat mobile? Vice President untuk Huawei mengkonfirmasikan bahwa Hongmeng OS tersebut sebenarnya bukan OS untuk smartphone, dan masih akan menggunakan OS Android untuk sejumlah smartphone Huawei mereka.

“Sebuah OS untuk smartphone umumnya terdiri dari begitu banyak jutaan kode, sementara Hongmeng sendiri mengandung kode yang lebih sedikit, lebih ke angka ratusan atau ribuan, sehingga OS ini akan lebih aman. Sistem Hongmeng juga akan mengandung latensi yang sangat rendah dibandingkan dengan OS untuk smartphone,” jelas Catherine Chen, selaku Huawei Senior VP, dalam media roundtable yang diadakan di Brussels.

Disinggung juga, Hongmeng OS ini sebenarnya digunakan untuk kepentingan industrial, secara khusus dikembangkan untuk IoT (Internet of Things). OS ini sebenarnya bahkan sudah dikembangkan jauh lebih dulu sebelum perbincangan mengenai alternatif untuk OS Android sempat mengudara.

“Huawei adalah vendor pemimpin global untuk perangkat telekomunikasi, juga telah menjadi powerhouse untuk perangkat konsumer internasional seperti smartphone, di mana perangkat ini berjalan di sistem Android. Kami masih akan menggunakan Android ke depannya.”

: ,

COMMENTS