in: News | July 11, 2019 | by: Friska

Qualcomm akan Hadirkan Chipset Smartwatch Berperforma Tinggi

Selain smartphone, Qualcomm juga turut memproduksi chipset untuk digunakan pada perangkat wearable seperti smartwatch. Beberapa smartwatch high-end yang telah hadir di pasaran saat ini telah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon Wear sebagai SoC utamanya, tapi dikabarkan Qualcomm hendak memproduksi chipset untuk smartwatch yang lebih bertenaga lagi dari seri yang sudah hadir lebih dulu.

Berdasarkan laporan dari WinFuture, dilansir dari Android Police, Qualcomm memiliki rencana untuk memproduksi chipset baru untuk perangkat OS Wear. Chipset baru tersebut akan mendukung 64-bit, memiliki arsitektur 12nm, dengan CPU Cortex A53, serta dirumorkan akan diberi nama Snapdragon Wear 429 atau Snapdragon Wear 2700.

Tentunya, chipset ini akan lebih berperforma tinggi dibandingkan dengan chipset sebelumnya, Snapdragon Wear 3100, di mana chipset ini masih menggunakan dukungan 32-bit, berbasis CPU A-7, dan menggunakan arsitektur 28nm. Ketika chipset ini diluncurkan tahun lalu, Qualcomm sempat menyatakan bahwa walaupun memiliki arsitektur 28nm, Snapdragon Wear 3100 masih memiliki manajemen baterai yang baik untuk perangkat wearable yang menggunakannya. Jadi, bayangkan seperti apa manajemen baterai yang dimiliki oleh chipset Snapdragon Wear terbaru nantinya yang sudah menggunakan 12nm.

Pihak WinFuture juga mengatakan bahwa platform tes untuk chipset Snapdragon Wear baru ini telah didukung dengan RAM LPDDR3 1GB dan storage eMMC 8GB, bersama uji coba fitur Track3. Dengan platform tes ini, diprediksi bahwa chipset Snapdragon Wear baru tersebut memiliki potensial terkait mekanisme hemat daya, juga potensi mekanisme komputer yang heterogen yang menggerakkan tugas (task) ke chip/core berdaya rendah.

Spekulasi penggunaan nama “Wear 429” ini sendiri berdasarkan alasan bahwa chipset Wear tersebut merupakan versi modifikasi dari Snapdragon 429 versi mobile, di mana chipset ini memiliki arsitektur yang kurang lebih sama dan telah digunakan di sebagian smartphone atau tablet kelas menengah.

Belum dikonfirmasikan apakah chipset ini akan mulai hadir tahun ini atau tahun mendatang, mengingat pihak Qualcomm sendiri belum menyatakan secara resmi perihal chipset Wear terbarunya tersebut.

: ,

COMMENTS