Review realme X: Smartphone Kelas Menengah Rasa Flagship

Author
Irham
Reading time:
July 15, 2019

Realme terus menghadirkan smartphone-smartphone terbaru, dan kali ini realme X hadir kembali di Indonesia. Sejak awal kemunculannya di tanah air, realme selalu menjadi brand yang menghadirkan spesifikasi dan harga paling bersaing. Bahkan realme telah mengakui bahwa DNA yang dibangun realme adalah “mengungguli model smartphone lainnya di kelas yang sama, meningkatkan pengalaman ke yang lebih tinggi.” Sebuah

Kali ini realme X juga dihadirkan oleh realme dengan tagline spirit “Dare to Leap” , yang akan menjadi standar baru di segmen harga yang dituju. Realme X hadir mengadopsi beberapa teknologi yang sebelumnya hanya ada pada smartphone kelas flagship, dan membawanya di kelas harga yang jauh lebih terjangkau.

Penasaran dengan fitur-fitur dan keunggulan yang ditawarkan realme X. Simak ulasan lengkapnnya berikut ini!

Desain

Realme terbilang konsisten untuk terus menghadirkan produk dengan desain yang elegan di setiap produknya termasuk yang kali ini yaitu itu realme X. Melangkah lebih jauh dari seri-seri sebelumnya, realme X terlihat membawa desain yang lebih mewah dan juga punya kesan lebih premium. Mulai dari estetika desain hingga material body yang digunakan, realme X memang bisa dibilang smartphone realme yang paling flagship saat ini.

Ukuran presisi yang dimilikinya yaitu 161.3 x 76.1 mm dengan ketebalan 8.6mm dan bobot yang dimilikinya yaitu 191g. Realme X mengusung layar 6,53 inci dengan bezel yang sangat tipis dan juga tanpa notch. Rasio layar yaitu 19,5: 9 sedangkan rasio screen-to-body-nya yaitu 91,2%. Di bagian depan hanya terlihat layar yang penuh mengisi body perangkat, dan kita tidak akan bisa melihat langsung kamera depan seperti smartphone pada umumnya. Ya, smartphone ini yang satu ini sudah mengusung desain pop-up untuk kamera selfienya. Di samping itu, sensor-sensor seperti ambience light juga tersembunyi di dalam layar.

2 Realme X

Kamera depan pop-up realme X menggunakan kaca safir yang kokoh dan tahan gesekan. Slide pop kamera secara otomatis akan memasukkan kamera jika smartphone terjatuh atau kecelakaan lain saat penggunaan, karena realme mengklaim telah memasang beberapa sensor yang dapat mendeteksi saat jatuh atau kecelakaan lain pada smartphone.

8 Realme X

Kami juga mencoba menguji dengan menekan pop-up kamera, dan secara otomatis kamera langsung masuk ke dalam body perangkat. Realme juga mengklaim, pop-up kamera selfie ini telah teruji bisa bertahan selama kurang lebih 200 ribu kali penggunaan, atau sekitar 10 tahun jika melakukan selfie sebanyak 50 kali dalam sehari.

Tak hanya itu, smartphone ini juga telah mengadopsi fingerprint di dalam layar. Realme X menggunakan sensor sidik jari optik dengan ukuran piksel 44% lebih besar, sehingga pengenalan sidik jari 30% lebih cepat dan akurat.

Perangkat ini mengusung material polycarbonate pada bagian cover dan frame, yang dibalut dengan kaca Gorilla Glass 5 baik pada sisi depan maupun sisi belakang. Dengan material yang cukup kuat tersebut, tentunya pengguna tidak perlu lagi khawatir apabila perangkat mengalami benturan keras ataupun goresan, karena material tersebut akan cukup bertahan selama dalam batas wajar. Varian warna yang kami uji adalah Polar White, disamping warna lain yang tersedia yaitu Space Blue.

3 Realme X

Melihat ke sisi bagian belakang, perangkat ini membawa dua buah kamera yang bersusun vertikal di bagian tengah bodi. Terdapat ring dengan aksen emas pada sensor kamera utama yang dimilikinya, sebagai ciri khas yang selalu dibawa di setiap produk mereka. Sedangkan logo realme tertera di bagian bawah, juga dengan posisi vertikal. Bodi bagian belakang memiliki permukaan melengkung di bagian sisi, membuatnya pas dalam genggaman tangan pengguna.

Beralih ke tombol dan slot, realme X memiliki tombol power di sisi bagian kanan sedangkan tombol volume berada di sisi bagian kiri. Untuk slot SIM Card, tersedia di sisi bagian kanan. Smartphone ini tidak memiliki slot micro SD, mungkin realme sudah cukup pede dengan kapasitas memori besar yang dihadirkannya.

5 Realme X

6 Realme X

11 Realme X

Di sis bagian bawah terdapat port USB type C, jack 3,5mm, microphone, dan juga grill speaker. Sementara di sisi bagian atas, tentunya pop up kamera selfie dan juga terdapat microphone sekunder.

4 Realme X 7 Realme X

Secara keseluruhan, desain yang dihadirkan oleh realme X sangat menarik. Realme mampu menghadirkan ukuran layar yang terbilang sangat besar yaitu 6,53 inci dengan form factor yang tidak terlalu besar, mirip seperti smartphone berukuran 6 inci pada umumnya. Namun dengan layar yang lebih luas, pengguna bisa menikmati konten lebih puas. Ditambah lagi, desain baru pop up kamera selfie dan under display fingerprint, membuat pengguna merasakan teknologi paling up to date di dunia smartphone yang kini telah diadopsi oleh realme.

Spesifikasi

Lebih detail mengenai spesifikasi yang diusung oleh realme X, layar 6.53-inci dengan aspek rasio 19,5:9 beresolusi FullHD+ (1080x2340p) ini telah menggunakan teknologi panel Super AMOLED. Layar ini memiliki kerapatan piksel 394ppi dengan tingkat kecerahan sekitar 450 nits. Warna layar memang terlihat sangat cerah dan berkat teknologi OLED, kontras yang dimilikinya sangat baik. Warna hitam benar-benar terlihat gelap sempurna. Layar realme X terlihat seperti smartphone kelas atas yang harganya diatas 10 juta.

Adapun dapur pacunya, realme X dibekali dengan SoC yang mirip dengan produk yang belum lama mereka luncurkan yaitu realme 3 Pro. Realme X juga mengusung SoC Snapdragon 710 dari Qualcomm (Octa-core CPU 2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver & GPU Adreno 616).

Sedangkan untuk memori, smartphone ini hadir dengan RAM berkapasitas mulai dari 4GB, 6GB hingga 8GB, sedangkan untuk internal storage yang tersedia yaitu 64GB dan 128GB. Untuk varian yang kami uji memiliki kapasitas memori yang paling besar yaitu 8GB RAM dan 128GB internal storage.

10 Realme X

 

Pada fitur kamera, realme X dibekali dengan sensor kamera 48MP (Sony IMX 586) + kamera sekunder 5MP. Kamera utama memiliki sensor 1/2.0 inci dengan ukuran piksel 1,6um dan aperture f/1.7 yang besar. Perekaman video maksimal yaitu 4K, 30fps atau 1080P, 30/60fps. Perekaman video juga sudah didukung dengan teknologi EIS, sehingga pengambilan gambar akan lebih stabil. Fitur andalan realme seperti Nightscape , Chroma Boost dan HDR juga tesedia. Adapun pada kamera selfie, smartphone ini memiliki sensor 16MP (Sony IMX 471) dengan aperture f/2.0.

9 Realme X

Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas yang tidak begitu besar, jika dibandingkan dengan realme 3 pro bahkan masih lebih kecil. Yaitu 3765mAh. Namun perangkat ini juga dibekali dengan pengisian VOOC 3.0, yang memiliki output hingga 20W (5V4A). Seberapa baik manajemen daya dari perangkat ini akan diulas pada pembahasan baterai di halaman selanjutnya.

Realme X tentunya berjalan menggunakanColorOS 6.0, yang diadopsi dari basis sistem Android Pie 9.0. Perangkat ini mendukung jaringan selular dengan dual SIM dual VoLTE 4G, Wi-Fi: 802.11a / b / g / n / ac, (2.4 / 5Ghz), sistem posisi GPS, aGPS, GLONASS, sistem navigasi Beidou, Bluetooth 5.0 yang mendukung aptX & aptX HD & LDAC.

OS UI

Untuk sensor, realme X juga sudah dilengkapi berbagai sensor mulai dari Accelerometer, ambience light, proximity, compass dan juga gyroscope. Adapun pada paket penjualannya, realme X dilengkapi dengan kabel USB Type-C, Adaptor charger VOOC 3.0, casing smartphone, SIM ejector, buku panduan serta kartu garansi.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…