in: Featured - Highlights - Reviews | July 15, 2019 | by: Irham

Review realme X: Smartphone Kelas Menengah Rasa Flagship

Uji Performa

Kami melakukan pengujian performa untuk realme X dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark diantaranya AnTuTu 7, Geekbench 4, 3DMark dan GFXBench. Keempat benchmark tersebut kami gunakan untuk mengetahui kemampuan smartphone baik dari sisi CPU maupun GPU.

AnTuTu 7

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur performa sebuah perangkat Android. AnTuTu menjalankan set pengujian untuk penilaian performa perangkat yang dibagi ke dalam empat kelompok, yaitu Graphics, CPU, UX (User Experience), dan RAM. Di pengujian kali ini, kami menggunakan AnTuTu 7.

Geekbench 4

GeekBench merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan berbagai algoritma komputasi yang banyak digunakan di skenario real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core.

3DMark 

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smartphone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis. Tes yang dijalankan adalah Ice Storm Unlimited.

GFXBenchmark

Benchmark ini juga digunakan untuk melihat gambaran kemampuan dari sebuah smartphone dalam menangani pemrosesan grafis. Ada beberapa scene yang tersedia, yang masing-masing menawarkan beban yang berbeda, dan juga beberapa dengan API yang berbeda, sehingga benchmark ini kami anggap bisa mewakili gambaran performa smartphone dalam hal gaming. Tes yang kami jalankan kali ini adalah T-Rex Offscreen dan Manhattan ES 3.1 1080p On-screen.

Mengusung SoC yang sama dengan seri sebelumnya yaitu Realme 3 Pro, secara performa baik CPU maupun GPU dari realme X tidak memiliki perbedaan yang berarti. Sedikit keunggulan yang dimiliki realme X pada unit yang kami uji juga karena kapasitas memori RAM yang lebih besar yaitu 8GB. Sama seperti realme 3 pro, tentunya dengan skor-skor benchmark yang ada pada pengujian, smartphone ini sudah sangat nyaman digunakan baik dalam kebutuhan sehari-hari seperti sosial media, chating, browsing, dan streaming maupun aktivitas berat lain seperti multi tasking berbagai aplikasi dan juga bermain game dengan grafis tinggi.

Saat pengujian gaming menggunakan game mobile PUBG, secara default smartphone ini sudah mampu menjalankan game dengan setting grafis awal “High”. Adapun rata-rata FPS yang didapatkan yaitu 35-40FPS, saat sedang bermain.

Tidak ada masalah overheating, meskipun bermain game dengan waktu cukup lama. Karena realme X juga telah menggunakan teknologi sistem pendingin terbaru yaitu dengan gel thermal yang menggunakan tembaga foil, serpihan grafit, dan paduan aluminium, untuk mencapai efisiensi konduktif thermal yang lebih baik daripada solusi lain di segmen harganya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | August 26, 2019 | Comments

Huawei akan Perkenalkan Kirin 990 Awal September 2019

News | November 12, 2019 | Comments

Vivo S1 Pro Segera Hadir di Akhir Tahun 2019

News | October 19, 2019 | Comments

Huawei Nova 5T Sekarang Cuma Rp 5 Jutaan!

News | September 26, 2019 | Comments

Galaxy A20s dan Galaxy A30s Resmi Meluncur Di Indonesia