in: News | August 10, 2019 | by: Yufianto Gunawan

HDC 2019: EMUI 10.0 – Lebih Cantik dan Mulus

Akhirnya, versi terbaru dari UI smartphone Huawei diperkenalkan. Setelah memberikan sedikit gambaran terkait seperti apa EMUI 10 ini di opening keynote HDC 2019, hari ini, tim dari Huawei menjelaskan apa saja hal baru di versi UI dengan basis Android Q ini. UI baru ini sendiri disebut Huawei menawarkan lebih dari sekadar tampilan yang menarik, di mana banyak sekali elemen yang mereka desain ulang untuk menawarkan “Beyond Beauty”.

Perwakilan Huawei menjelaskan EMUI 10

Bukan Sekadar Tampil “Cantik”

Tampilan yang cantik dan elegan tentu saja masih menjadi fokus Huawei di EMUI 10.0 ini. Mereka melakukan perubahan mendasar untuk konsep desain UI ini, salah satunya dengan mengadopsi Morandi Color, atau set warna yang biasa digunakan oleh Giorgio Morandi, seniman dari Italia. Set warna ini banyak digunakan untuk produk furniture karena menampilkan kesan elegan serta terlihat nyaman di mata. Warna-warna set Morandi Color ini akan hadir di berbagai bagian dari EMUI 10.0.

Huawei juga mendesain ulang beberapa icon di EMUI 10.0, dengan menggunakan aspek Golden Ratio. Hal itu membuat desain icon akan terlihat lebih proporsional. Dua hal ini akan membuat EMUI 10.0 hadir dengan tampilan yang lebih dari “cantik”.

Aspek penggunaan juga jadi fokus Huawei di EMUI 10.0 ini, di mana beberapa tampilan di versi sebelumnya diperbaiki untuk membuat pengalaman pengguna menjadi makin baik lagi. Kamera jadi salah satu yang mendapat update tampilan. Kini aplikasi kamera akan menampilkan keterangan mode, zoom, dan lain sebagainya lebih besar dan jelas di layar.

Usung Inspirasi dari Desain Majalah

Beralih ke tata letak komponen di UI, Huawei kini menggunakan desain yang terinspirasi dari majalah. Desain “magazine-like” dipilih karena menawarkan estetika yang baik dan terlihat seimbang. Porsi teks, highlight, foto, dan elemen lain akan terlihat tidak saling mengganggu.

Aspek “magazine-like” ini akan terlihat di berbagai elemen EMUI 10.0, mulai dari notification bar, menu settings, hingga berbagai aplikasi bawaan UI. Lock screen pun juga mendapatkan perbaruan aspek tampilan “magazine”, di mana Huawei kini mendesain “Magazine Lock”, fitur yang ada sejak beberapa generasi EMUI lalu, dengan gaya yang lebih “seimbang”. Hal tersebut diharapkan membuat pengguna smartphone Huawei lebih nyaman lagi.

Dark Mode: Lebih dari Cuma “Menggelapkan” Saja

Fitur yang makin populer, “dark interface” atau apapun sebutan lainnya, kini hadir di EMUI 10.0. Namun, Huawei ingin fitur di UI mereka, disebut sebagai “Dark Mode” ini lebih dari sekadar menggelapkan tampilan saja. Mereka melakukan banyak riset untuk menentukan pilhan seperti apa elemen di “Dark Mode” ini akan ditampilkan, termasuk dari sisi warna, konsistensi warna, serta contrast.

Agar pengalaman lebih merata, Huawei juga coba menyertakan kemampuan untuk juga mengubah tampilan aplikasi 3rd party ke “Dark Mode” ini. Hal tersebut dilakukan dari layer-layer aplikasi, di mana warna akan coba dianalisia dan diubah ke warna gelap yang sesuai. Hal ini juga akan berguna bila aplikasi tidak memiliki opsi tampilan gelap secara “native”.

Animasi Baru yang Mulus dan Natural

Riset mendalam juga dilakukan Huawei di sisi animasi. Mereka mencoba mengubah aspek animasi, termasuk respon, lamanya animasi ditampilkan, serta seperti apa efek yang dihasilkan bila suatu aksi dilakukan di layar. Hasilnya, EMUI 10.0 ini akan terasa mulus, lebih terasa responsif karena aspek animasi yang di-tuning ulang oleh Huawei.

Sementara untuk efek gerakan, Huawei juga coba menyertakan aspek “physics” dengan membuat gerakan lebih mengikuti respon natural berbasis perhitungan fisika. Salah satu contoh yang seharusnya bisa dirasa perbedaannya adalah saat menekan icon dan navigasi menggunakan gestur. Injeksi aspek “physics” itu membuat gerakan jadi lebih bisa “diterima” oleh pengguna, dan berpengaruh juga ke kenyamanan.

Always-on-Display: Juga dengan Desain Baru

Terakhir, untuk “Always-on-Display”, EMUI 10 hadir dengan beberapa desain baru. Desain baru untuk tampilan jam di AoD ini diatur agar serupa dengan watchface smartwatch sehingga pengguna bisa mendapatkan feel yang sama lintas perangkat. Huawei juga akan membuka store khusus untuk desain tampilan AoD dari 3rd party, pengguna, dan komunitas untuk opsi tampilan yang lebih beragam.

Lebih Menarik untuk Perempuan

Secara keseluruhan, EMUI 10.0 ini masih mempertahankan beberapa elemen yang dinilai sudah baik di versi sebelumnya dan meningkatkan beberapa aspek, membuat UI ini lebih baik lagi. Huawei juga menyebutkan bahwa daya tarik untuk perempuan menjadi salah satu bahan pertimbangan mereka, di sini diwujudkan dengan pemilihan Morandi Color, dan beberapa aspek lain. Diharapkan, produk smartphone Huawei lebih diterima di banyak kalangan, segmen pengguna, dan cocok untuk siapa saja.

EMUI 10.0 ini saat ini ada di masa uji coba, di perangkat keluarga P30. Tampaknya, UI baru ini akan hadir sebagai standar di lini premium Huawei berikutnya, kemungkinan besar keluarga Mate 30, yang seharusnya akan hadir dalam beberapa bulan lagi. Mari kita tunggu kabar berikutnya dari Huawei, terkait ketersediaan UI ini, baik di lini Mate berikutnya itu maupun sebagai update di jajaran produk mereka saat ini.

: , , ,

COMMENTS