in: Accessories - Reviews | August 19, 2019 | by: Irham

Review Powerbank Prolink Energiepak Fusion PPB1002

Hasil pengujian

Pada pengujian yang kami lakukan, powerbank yang diklaim mendukung pengisian cepat Quick Charge 3.0 sayangnya hanya mampu memberikan output maksimal hingga 9V/1.5A atau maksimal sekitar 15 W. Yang mana output ini masih hanya sebatas QC 2.0. Berbeda dengan QC 3.0 yang memiliki output maksimal 20 W hingga sekitar 22 W. Pengujian ini kami lakukan pada port output USB Type A, pada smartphone yang telah mendukung pengisian cepat QC 3.0.

Kemungkinan pengisian Quick Charge 3.0 baru akan berfungsi di port USB Type C, namun sayangnya pengujian hanya bisa kami lakukan untuk output dengan port Type A karena tools power meter yang kami gunakan hanya mendukung port tersebut.

Port USB Type C yang tersedia memiliki dukungan teknologi Power Delivery, sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk output namun juga sebagai input. Pengisian menggunakan port USB Type C memiliki dukungan input hingga 9V/2A. Sedangkan untuk port MicroUSB hanya mendukung pengisian hingga 5V/2A.

Pada pengujian pengisian powerbank menggunakan port USB Type C, powerbank dapat diisi dari kosong hingga penuh dengan memakan waktu sekitar 3,5 Jam. Ini terbilang standar mengingat kapasitas baterai yang tersedia memang cukup besar yaitu 10000mAh.

Sedangkan pengisian baterai powerbank dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 5 Jam. Tentunya pengguna disarankan mengisi baterai powerbank dengan menggunakan port USB Type C yang tersedia. Tak perlu khawatir repot mencari kabel USB apabila pengguna masih menggunakan smartphone dengan port MicroUSB, karena di dalam paket penjualannya sendiri telah tersedia kabel USB Type C.

Kesimpulan

Powerbank Energiepak Fusion PPB 1002 coba dipasarkanĀ  oleh Prolink dengan harga sekitar Rp.500 ribuan. Melihat persaingan pasar powerbank yang cukup ketatĀ  dengan beberapa brand-brand baru yang menawarkan harga lebih terjangkau, Prolink tampaknya harus menyesuaikan harga untuk produknya yang satu ini. Apalagi nama prolink belum cukup populer di pasar powerbank, Prolink harus sedikit “modal” untuk lebih berani memperkenalkan produk-produk mereka tersebut. Meskipun secara kualitas, produk powerbank Prolink cukup bagus dan menawarkan fitur-fitur kekinian.

Data Teknis

Produk Power Bank Prolink PB1002
Kapasitas 10000mAh
Output USB Type C (Power Delivery 5V/3A, 9V/2A, 12V/1.5A Max) dan USB Type A (5V/3A, 9V/2A, 12V/1.5A Max)
Input Micro USB (5V/2A) dan USB Type C (5V/2A, 9V/2A)
Size 40 x 72 x 15mm
Weight 218 gram
Battery Type Lithium-Polymer
Price Rp. 500 Ribuan
Daftar Isi
Pages: 1 2
: , , ,

COMMENTS