in: News | August 19, 2019 | by: Friska

Sebanyak 85 Aplikasi Android Dihapus dari Play Store

Dengan begitu banyak dan mudahnya seseorang bisa menempatkan aplikasi buatannya di Google Play Store, tidak begitu mengherankan jika aplikasi ini ternyata memiliki kandungan adware atau malware yang berisiko bagi para penggunanya. Lagi, Google terpaksa menghapus sebanyak 85 aplikasi yang diduga mengandung adware dari Play Store miliknya.

Berdasarkan laporan dari Trend Micro, dilansir dari The Verge, penghapusan aplikasi ini dikarenakan aplikasi ternyata mengandung adware bernama AndroidOS_Hidenad.HRXH, di mana tersemat di aplikasi-aplikasi Android yang memiliki fitur fotografi dan gaming yang telah terinstalasi sebanyak lebih dari 8 juta kali. Adware ini dieksploitasi dengan cara ketika penggunanya menyalakan aplikasi, iklan sepanjang 5 menit akan langsung tersiar secara full screen pada layar smartphone dan sulit untuk ditutup.

Lebih jahatnya, aplikasi ini akan menggantikan icon pada halaman Home dengan icon shortcut, sehingga jika pengguna hendak menghapusnya, aplikasi yang sesungguhnya masih akan berfungsi di smartphone tersebut.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Google untuk membersihkan Play Store dari beragam aplikasi berbahaya atau berisiko yang mengandung adware. Namun idealnya, pengguna juga disarankan untuk mengecek lebih dulu keaslian atau keamanan yang bisa dijamin oleh sebuah aplikasi sebelum langsung menginstalasinya di smartphone mereka. Walau adware ini dikatakan hanya berfungsi di smartphone dengan sistem operasi Android 8 ke bawah, tapi tak ada salahnya untuk berhati-hati ketika ingin menginstalasi sebuah aplikasi pada smartphone Anda.

: ,

COMMENTS