in: News | August 14, 2019 | by: Friska

WhatsApp Beta Berikan Fitur Fingerprint

Setelah diberikan pertama kali untuk versi iOS, WhatsApp untuk Android akhirnya memberikan fitur fingerprint sebagai salah satu standar keamanan barunya sebelum pengguna bisa mengakses pesan masuk di aplikasi messaging tersebut.

Fitur yang sayangnya baru bisa diakses oleh pengguna Beta untuk WhatsApp versi 2.19.221 ini bisa diaktifkan melalui halaman Settings – Account – Privacy – Fingerprint lock.

Jika fitur ini diaktifkan, maka setiap kali pengguna hendak membaca pesan lewat WhatsApp di smartphone Android mereka, pengguna harus memindai sidik jari lebih dulu sebelum aplikasi akan terbuka secara penuh. Untuk saat ini, pengguna yang hendak memakai WhatsApp Call tidak perlu melakukan autentikasi lebih dulu sebelum menggunakannya.

Kapan pengguna perlu melakukan autentikasi dengan fingerprint ini juga bisa diatur waktunya. Pengguna bisa mengatur apakah autentikasi ini akan berlaku paling lama 30 menit, sehingga autentikasi tidak akan diperlukan lagi ketika WhatsApp masih digunakan dalam waktu yang telah ditentukan tersebut. Jika pengguna memakai widget untuk WhatsApp pada layar utama smartphone sembari mengaktifkan fitur fingerprint ini, konten WhatsApp akan tersembunyi dan tidak bisa dilihat kecuali pengguna melakukan autentikasi. Dari segi keamanan privasi, WhatsApp bisa menjamin bahwa data fingerprint tidak akan dikirim ke Facebook maupun Google karena fitur ini menggunakan API resmi dari Android biometric authentication.

Saat ini, belum jelas kapan fitur fingerprint akan hadir untuk WhatsApp non-beta atau versi publik.

:

COMMENTS