in: News | September 9, 2019 | by: Friska

Qualcomm Perluas Dukungan 5G di Snapdragon Seri 6 dan 7

Tahun ini mungkin Anda akan terus mendengar tentang smartphone dan chipset-nya yang telah memiliki dukungan untuk konektivitas 5G. Walaupun mungkin produk yang telah memiliki dukungan tersebut mulai muncul di tahun ini, akses dari 5G sendiri masih terbatas dan mungkin baru akan sungguhan terealisasikan mulai tahun 2020 mendatang secara bertahap.

Tahap awal menuju 5G baru bisa diakses melalui smartphone kelas premium atau flagship yang memiliki chipset dengan dukungan yang sama. Tapi mulai tahun 2020 nanti, Qualcomm berjanji bahwa pihaknya akan memperluas dukungan 5G ini untuk smartphone-smartphone kelas menengah, dengan memperkenalkan chipset Snapdragon seri 6 dan 7 yang telah terintegrasi dengan modem 5G.

Saat ini, dukungan 5G baru ada di seri 8 saja, sehingga akan sangat menarik jika Qualcomm bisa memberikannya di chipset yang diperuntukkan smartphone kelas menengah atau setidaknya lebih terjangkau dari segi harganya.

Di IFA 2019, dilansir dari GSM Arena, Qualcomm akan menjalin mitra dengan beberapa brand smartphone seperti Oppo, realme, Redmi, Vivo, Motorola, HMD dan LG dalam memberikan perangkat kelas menengah yang sudah mendukung platform 5G dengan Snapdragon seri 7. Chipset ini sendiri akan dibangun dengan integrasi 5G mobile platform dengan fabrikasi 7nm. Secara komersial, chipset ini sendiri akan rampung di kuartal empat tahun 2019 mendatang. Sementara untuk seri 6, baru akan resmi meluncur di pertengahan tahun 2020.

Dari keynote Qualcomm, dijelaskan juga bahwa mereka akan melakukan ekspansi terhadap portofolio platform 5G ini untuk bisa mendukung secara global di berbagai wilayah, sekaligus akan memberikan solusi untuk mmWave dan jaringan spektrum sub-6GHz.

: ,

COMMENTS