in: Featured - Highlights - Reviews | September 20, 2019 | by: Irham

Review realme 5: Empat Kamera dan Baterai Raksasa!

Selain menghadirkan smartphone terbaru realme 5 Pro, realme juga membawa versi standarnya yaitu realme 5. realme 5 membawa kemampuan utama di sisi kamera dengan AI Quad Camera yang diusung yaitu 12MP, ultra-wide angle, lensa portrait & lensa makro yang akan menghadirkan pengalaman fotografi baru dengan berbagai fungsi yang lebih luas dan memenuhi kebutuhan akan lebih banyak cara untuk pemotretan.

Senjata pamungkas lain yang diusung realme 5 ada pada sisi baterai dimana smartphone ini dibekali dengan baterai 5.000mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar ini, realme 5 bersiap menjadi smartphone dengan baterai paling awet di kelas harga yang ditawarkan.

Seperti apa kemampuan realme 5 secara keseluruhan, simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Tak jauh berbeda dengan versi Pro yang mengusung desain kristal dengan warna holographic, realme 5 hadir dengan desain diamond cut dengan paduan warna yang cukup memukau. Menggunakan material Unibody Polycarbonate, yang dilapis dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3+ di bagian depan, realme 5 hadir dengan dua pilihan warna yaitu Crystal Purple dan Crystal Blue. Untuk varian warna yang sedang kami uji kali ini adalah Crystal Purple.

realme 5 memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang realme 5 Pro. Dimana ukuran dimensinya yaitu 164.4mm x 75.6mm x 9.3mm. Sedangkan bobotnya juga lebih besar yaitu 198g. Sehingga secara ergonomi, perangkat ini juga terasa lebih besar di dalam genggaman. Namun demikian masih cukup nyaman digenggam karena pada bagian belakangnya, realme 5 memiliki permukaan yang melengkung dengan kontur 3D yang membuatnya mudah digenggam, meski ukurannya agak besar.

Di bagian depan, terdapat layar berukuran 6,5 inci yang juga tampil dengan konsep Dewdrop Full Screen, dengan resolusi HD+ 720 x 1600p, dan rasio screen to body sebesar 89%.

Di bagian notch terdapat kamera depan dan juga grill speaker. Sementara pada bagian bawah masih terdapat bezel, meskipun untuk tombol navigasi terletak di bagian dalam layar. Kabar baiknya, tombol navigasi bisa disembunyikan dan diganti dengan fitur gesture yang dapat ditemukan pada menu pengaturan.

Adapun di bagian belakang, realme 5 tak ubahnya dengan realme 5 Pro dimana terdapat empat buah kamera yang tersusun secara vertikal di bagian kiri atas, lalu kemudian di bagian tengah terdapat sensor fingerprint dan di pojok kiri bawah terdapat logo realme.

Untuk tombol dan slot pun posisinya mirip dengan realme 5 Pro, yaitu di sisi kanan terdapat tombol power. Sedangkan untuk tombol volume terdapat di sisi kiri yang juag bersama dengan tray SIM Card, dengan komposisi Dual SIM Card ditambah satu Slot MicroSD. Pengguna dapat menambahkan penyimpanan hingga 256GB, tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIMCard.

Sedangkan di bagian bawah, terdapat lubang jack 3,5mm untuk headset, microphone, port USB 2.0, serta Grill Speaker. Di sisi bagian atas hanya terdapat microphone kedua.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi dapur pacu, realme 5 dibekali dengan SoC kelas menengah generasi terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 665 AIE Octa-core 11nm (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver + GPU Adreno 612). SoC ini memiliki karakteristik performa yang sedikit lebih rendah dibandingkan Snapdragon 660 (octa-core 2,2GHz), namun untuk urusan daya Snapdragon 665 memiliki efisiensi yang jauh lebih baik. Adapun untuk pilihan RAM dan internal storage (LPDDR4X / UFS 2.1), perangkat ini tersedia dengan varian 3 GB + 32GB, 3 GB + 64 GB & 4 GB + 128 GB.

Untuk kamera, smartphone ini dibekali dengan empat kamera utama yaitu sensor utama 12 MP PDAF aperture f/1.8, ditambah sensor 8MP f/2.2 (Wide-Angle 119°), ditambah lagi dengan sensor 2MP f/2.4 (Makro) dam sensor 2MP f/2.4 (Depth). Fitur yang tersedia untuk fotografi yaitu HDR, Nightscape, Chroma Boost, Mode Portrait dan Ultra Macro. Sedangkan untuk video, smartphone ini mampu merekam video 720p, 1080p & 4K (30fps), yang juga dilengkapi dengan EIS dan Slo-Mo 240fps untuk perekaman 720p & 1080p.

Adapun pada kamera selfienya, realme 5 mengusung kamera 13 MP dengan aperture f/2.0. Kamera selfie memiliki fitur AI Beauty dan juga HDR.

Kapasitas baterai menjadi senjata pamungkas dari realme 5, dimana smartphone ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Dengan baterai yang besar serta SoC hemat daya, tentunya smartphone ini akan mampu memenuhi kebutuhan pengguna seharian. Ditambah lagi beberapa fitur optimalisasi daya seperti AI Freeze dan Content Adaptive Backlight Control, membuat daya tahan baterai akan semakin panjang. Untuk pengisiannya smartphone ini dilengkapi dengan pengisian daya 5V/2A atau 10W.

realme 5 menggunakan custom OS ColorOS 6.0 yang menggunakan basis sistem operasi Android Pie 9.0. Beragam fitur yang ada pada UI ini antara lain seperti Game Space, Clone Apps, Digital Wellbeing dan Parental Control.

Dari sisi sensor sudah lengkap, yaitu Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, & Proximity Sensor. Smartphone ini dilengkapi dengan konektivitas selular 4G LTE, WiFi 2.4 GHz/5GHz, serta Bluetooth 5.0. Untuk fitur keamanan, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor dan face unlock. Kedua fitur ini bekerja sangat responsif dengan waktu kurang dari 1 detik.

Paket penjualan dari realme 5 antara lain yaitu unit smartphone, paket dokumen, kabel USB 2.0, adaptor charger, SIM ejector, serta jelly case.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS