in: Featured - Highlights - Reviews | September 20, 2019 | by: Irham

Review realme 5: Empat Kamera dan Baterai Raksasa!

Kamera

realme 5 memang tidak membawa sensor kamera sekelas realme 5 Pro dengan Sony IMX586 48MP, namun dengan sensor 12MP aperture f/1.8 yang dimilikinya, realme 5 tetap memberikan hasil yang cukup memuaskan. Di kondisi cahaya yang cukup, pengambilan foto menghasilkan detail yang cukup baik dengan warna yang juga terlihat maksimal. Kamera realme 5 juga sudah dibekali dengan teknologi AI untuk pengenalan skenario, sehingga warna foto juga terlihat lebih hidup sesuai dengan objek gambar yang diambil.

HDR bekerja dengan baik, dengan dynamic range luas, detail foto tetap baik dalam kondisi pencahayaan tinggi tanpa mengalami overexposure atau backlight saat membelakangi cahaya. Untuk kondisi gelap memang masih terlihat sedikit noise, namun pengguna bisa memanfaatkan fitur Nightscape untuk mendapatkan foto yang lebih memuaskan. Chroma Boost terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya di seri realme 3, karena tidak membuat warna terlalu mencolok dan kontras tetap terjaga.

Kamera 8MP Ultra Wide menjadi fitur yang baru diusung realme. Angle 119 derajat, memungkinkan pengguna mengambil foto lebih luas. Dengan adanya kamera perspektif lebar ini, realme telah berhasil mengikuti tren smartphone kelas menengah saat ini. Hasil foto menggunakan kamera ultra wide juga cukup memuaskan.

Tak berhenti disitu, realme juga menambahkan kamera tambahan 2MP untuk fitur ultra macro. Namun untuk fitur kualitas Ultra Macro masih belum maksimal. Sensor 2MP masih kurang untuk kebutuhan fotografi makro yang membutuhkan detail tinggi. Tampaknya realme perlu memberikan resolusi yang lebih besar untuk kebutuhan fotografi makro.

Selain itu realme juga memberikan sensor tambahan 2MP terpisah untuk realme 5. Dengan fitur ini pengguna bisa mengabadikan foto potrait atau bokeh dengan lebih maksimal. Hasil foto terlihat memiliki tracing yang cukup baik antara area fokus dan area blur.

Kualitas kamera selfie juga cukup baik. Dengan sensor 13 MP yang tersedia, pengguna bisa mengabadikan foto selfie dengan cukup maksimal. Terdapat fitur AI Beauty dan HDR yang akan memaksimalkan foto selfie pengguna di kondisi pencahayaan apapun.

Untuk perekaman video, smartphone ini mampu merekam video 720p, 1080p dan 4K dengan frame rate 30fps. Tersedia EIS untuk perekaman video 720/1080p namun terlihat masih kurang maksimal jika dibandingkan dengan realme 5 Pro. Selain itu perekaman video hanya bisa dilakukan dengan kamera normal, belum bisa menggunakan Ultra Wide. Diharapkan realme memberikan update software kamera melalui OTA update, agar pengguna bisa merekam video menggunakan kamera ultra wide.

Baterai

Untuk pengujian baterai, seperti biasa kami melakukan pengujian dengan memutar video playback 720p secara looping. Untuk realme 5, smartphone ini benar-benar mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Yaitu selama 26 jam 50 menit. Paduan SoC hemat energi dengan baterai berkapasitas 5000mAh, serta optimalisasi software yang sangat baik membuat manajemen daya realme 5 benar-benar juara untuk urusan baterai.

Namun untuk urusan pengisian daya, sayangnya smartphone ini masih menggunakan pengisian daya dengan output 5V/2A atau 10W. Untuk mengisi baterai smartphone dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu selama 3 Jam 58 menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS