in: Featured - Highlights - Reviews | September 19, 2019 | by: Irham

Review Realme 5 Pro: Performa Makin Kencang, Desain dan Kamera Meningkat!

realme telah memiliki tagline baru yaitu Dare-to-leap, dan kali ini kembali dihadirkan pada produk terbarunya yatiu realme 5 Pro yang hadir dengan julukan Quad Camera SpeedMaster. realme 5 Pro adalah generasi terbaru dari smartphone realme, yang membawa peningkatan di tiga pilar utama yaitu Dare-to-Leap performance, Dare-to-Leap Imaging dan Dare-to-Leap Design.

Snapdragon 712 AIE menjadi senjata di realme 5 Pro untuk meningkatkan performa. Sedangkan dari sisi kamera, realme 5 Pro mengunggulkan sensor 48MP Sony Quad-Camera untuk berbagai sekenario pengambilan gambar. Kemudian untuk desain, realme 5 Pro membawa warna holografik dan tekstur cutting baru dimana ponsel ini meneruskan gen smartphone realme yang tidak hanya membawa spesifkasi unggulan tapi juga jempolan untuk urusan desain.

Namun semua klaim realme belum bisa terbukti tanpa pengujian langsung. Kali ini kami telah kedatangan realme 5 Pro di meja pengujian kami. Bagi kalian yang penasaran seperti apa kemampuan realme 5 Pro, simak lewat artikel berikut ini.

Desain

realme 5 Pro datang dengan mengusung desain baru yang membawa tampilan kristal pada body perangkat. Dua warna holographic yang diusung oleh realme 5 Pro yaitu Crystal Green dan Sparkling Blue. Berbeda dari generasi sebelumnya, generasi baru menggunakan metode baru yaitu warna holografik nanometer yang diukir menggunakan laser 5 sumbu. realme mengklaim untuk mendapatkan warna yang berkilau tersebut, membutuhkan 15 kali pembuatan prototype dan 78 kali penyesuaian untuk menghasilkan efek visual baru warna holografik dengan motif potong pada bagian belakang bodi perangkat.

Material perangkat yaitu polycarbonate secara unibody, dimana pada bagian depan panel layar dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3+. Pengguna bisa cukup aman tanpa khawatir layar mudah tergores. Disamping itu, realme juga menambahkan pelindung tambahan layar berupa film yang telah terpasang sejak dari dalam box.

Perangkat ini memiliki dimensi body 157mm x 74,2mm x 8.9mm. Adapun bobotnya juga cukup besar yaitu 184g. Meski memiliki ukuran yang cukup besar, perangkat ini cukup nyaman digenggam karena pada bagian belakang smartphone ini memiliki kontur body yang sesuai dengan jari-jari pengguna. Selain itu, realme juga menyediakan aksesori casing tambahan berupa jelly case untuk menambah perlindungan perangkat.

Pada bagian depan tampak layar IPS yang cukup besar dengan dimensi 6,3 inci, dengan konsep Dewdrop Full Screen. Resolusi layar yaitu FullHD+ 2340 x 1080p, dengan rasio layar sebesar 90,6%. Layar realme 5 Pro memiliki tingkat kecerahan sekitar 450 nits, yang tentunya memiliki visibilitas yang cukup baik meskipun di kondisi terang. Di bagian atas notch terdapat kamera selfie dan juga grill speaker.

Untuk tombol dan slot, di sisi kanan terdapat tombol power. Sedangkan di sisi kiri terdapat tray SIM Card dengan komposisi Dual SIM Card ditambah satu Slot MicroSD dan juga tombol volume. Pengguna dapat menambahkan penyimpanan hingga 256GB, tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIM Card. Sedangkan di bagian bawah, terdapat lubang jack 3,5mm untuk headset, microphone, slot USB Type-C, serta Grill Speaker. Di sisi bagian atas hanya terdapat microphone kedua.

 

Beralih ke body bagian belakang terdapat Quad Camera bersusun vertikal di pojok kiri atas. Sedangkan pada bagian tengah terdapat sensor fingerprint. Di bagian pojok kiri bawah terdapat logo realme.

Spesifikasi

Beralih ke spesifkasi dapur pacu, realme kembali membawa generasi terbaru SoC Snapdragon 712 AIE 10nm Octa-core CPU (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver + GPU Adreno 616), yang dipadukan dengan RAM LPDDR4X berkapasitas 8GB serta internal storage UFS 2.1 128GB. Pilihan kapasitas RAM lain yang tersedia yaitu 4GB dengan internal storage yang sama yaitu 128GB.

Untuk urusan kamera, realme 5 pro membawa fitur 48 MP Quad Camera, dimana sensor yang digunakan yaitu 48MP Sony IMX586 f/1.8 ditambah dengan sensor 8MP f/2.2 (Wide-Angle 119°) dan 2MP f/2.4 (Depth) serta 2MP f/2.4 (Makro).

Beberapa fitur kamera yang tersedia di realme 5 Pro antara lain Ultra 48MP, Ultra Macro, HDR, Nightscape, Chroma Boost dan Mode Portrait. Sedangkan untuk video, smartphone ini mampu merekam video dengan kualitas 720p, 1080p (30fps/60fp) dan 4K (30fps). Dibekali dengan EIS untuk perekaman 30fps dan juga tersedia fitur Slo-Mo (960fps/720p, 120fps/1080p).

Sedangkan untuk kamera selfienya, mirip dengan realme X dimana sensor yang digunakan yaitu 16MP Sony IMX471 aperture f/2.0, yang dilengkapi dengan fitur AI Beauty dan HDR. Perekaman video kamera selfie yaitu 720p dan1080p dengan frame rate maksimal 30fps.

Kapasitas baterai yang tersedia di realme 5 Pro yaitu 4035mAh. Tidak begitu besar, apalagi jika dibandingkan dengan versi standarnya sendiri yaitu realme 5 yang dibekali baterai 5000mAh. Namun untuk realme 5 Pro kembali dilengkapi dengan pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 yang memiliki output 5V/4A atau 20W.

Untuk OSnya, realme 5 Pro menggunakan custom OS Color OS 6.0 dengan basis sistem operasi Android Pie 9.0. Beberapa fitur yang tersedia seperti Game Space, Clone Apps, Digital Wellbeing dan Parental Control tersedia di realme 5 Pro. Dari sisi sensor sudah lengkap, yaitu Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, & Proximity Sensor.

Smartphone ini dilengkapi dengan konektivitas selular 4G LTE, WiFi 2.4 GHz/5GHz, serta Bluetooth 5.0. Namun untuk NFC sayangnya belum tersedia di realme 5 Pro. Untuk fitur keamanan, realme 5 Pro dilengkapi dengan pemindai sidik jari serta pemindai wajah.

Paket penjualan dari realme 5 Pro antara lain yaitu unit smartphone, paket dokumen, kabel USB Type C, adaptor charger VOOC Flash Charge 3.0, SIM ejector, serta jelly case.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 14, 2019 | Comments

Skor Awal Kirin 990 Muncul di Geekbench

News | November 5, 2019 | Comments

Google Play Points Tersedia di Wilayah Amerika Serikat

News | November 19, 2019 | Comments

Berapa Jumlah Redmi Note 8 yang Sudah Terjual?

News | October 18, 2019 | Comments

Mi Band 4 Resmi Meluncur di Indonesa, Kini dengan Layar AMOLED