in: News | October 14, 2019 | by: Friska

Apple Kembangkan Modem 5G Sendiri untuk iPhone 2022?

Sekitar awal tahun 2019 kemarin, Apple dilaporkan melakukan akuisisi terhadap bisnis modem smartphone milik Intel dengan nilai akuisisi mencapai USD 1 milyar. Melalui akuisisi ini, tak hanya akan mempekerjakan sebanyak 2.200 pegawai Intel untuk Apple, pihak Apple juga mendapatkan hak intelektual, peralatan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bisnis modem smartphone Intel tersebut.

Melanjutkan dari hasil akuisisi tersebut, Apple dilaporkan akan segera mengembangkan modem 5G sendiri, di mana modem ini nantinya akan digunakan untuk smartphone Apple iPhone di tahun 2022 mendatang.

Awalnya, suplai chipset Apple didapatkan lewat Qualcomm. Namun mengingat kedua perusahaan ini tengah berseteru di pengadilan akan lisensi dan tuntutan dari kedua belah pihak, Apple pun memutuskan untuk melanjutkan pengembangan modem 5G untuk perangkatnya sendiri tanpa melibatkan Qualcomm. Sumber yang mengatakan tentang Apple yang ingin mengembangkan modem 5G sendiri tersebut juga cukup optimis bahwa target tersebut akan tercapai.

Lewat sumber yang sama, disebutkan bahwa fabrikasinya telah rampung tepat waktu, dan pihak Apple hanya membutuhkan waktu untuk uji coba, optimalisasi, serta sertifikasi untuk modem 5G tersebut agar bisa diterima di standar global maupun domestik. Ada rumor yang mengatakan bahwa pihak Apple awalnya menginginkan integrasi modem 5G ini dengan chipset berkonsumsi daya rendah, namun sepertinya Apple akan mengembangkannya secara terpisah untuk tahun 2022, sementara integrasi baru bisa dirilis mulai 2023.

:

COMMENTS