in: News | October 3, 2019 | by: Friska

Microsoft Perkenalkan Surface Duo, Smartphone Dual Screen Berbasis Android

Hari ini, Microsoft baru saja mengumumkan sejumlah perangkat barunya yang terdiri dari Surface Pro 7, Surface Earbuds, hingga Surface Laptop 3. Dalam ajang ini, Microsoft juga memperkenalkan Surface Neo yang merupakan tablet PC dengan dual-screen yang akan dihadirkan mulai tahun depan.

Salah satu yang cukup mengejutkan, Microsoft nampaknya ikut serta dalam ajang kompetisi smartphone lipat dengan dual screen yang sebelumnya diperkenalkan oleh pihak Samsung dan Huawei, yakni Surface Duo. Menariknya, smartphone ini sekaligus menjadi smartphone Surface pertama yang pernah ada, menggunakan OS Android untuk pertama kalinya. Ini juga pertama kalinya Microsoft kembali ke pasar smartphone setelah kemarin sempat menutup Windows Phone mereka karena sudah tidak banyak peminatnya.

Kurang lebih mirip seperti Surface Neo, Surface Duo ini didesain sebagai dua konstruksi bodi aluminum premium dengan layar kaca pada bagian permukaannya, di mana keduanya bisa dilipat atau dibentangkan menjadi satu kesatuan layar. Setiap layarnya memiliki besar 5,6 inch dengan bezel yang tergolong cukup tebal, namun memiliki kemampuan dilipat hingga 360 derajat.

Ketika dilipat penuh dengan permukaan layar utama menghadap ke luar, salah satu layarnya akan mati sehingga pengguna bisa mengoperasikan di satu sisi layar saja jika diperlukan. Surface Duo ini juga memiliki fitur yang umum dimiliki sebuah smartphone standar, seperti membuat panggilan telepon, in-ear speaker, dan tentu saja kamera selfie.

Belum diketahui secara rinci akan spesifikasi lain yang akan diusung perangkat ini. Namun disebut bahwa Surface Duo akan memiliki chipset Snapdragon 855, walau bisa jadi akan mendapatkan upgrade lagi ke chipset terbaru. Surface Duo ini sendiri direncanakan akan rilis mulai masa libur akhir tahun di tahun 2020 mendatang.

: ,

COMMENTS