Review realme XT: Sang Penerus realme X dengan Quad Camera 64MP

Author
Irham
Reading time:
October 23, 2019

Belum lama berselang dari realme meluncurkan seri X mereka di tanah air yaitu realme X, kini realme kembali meluncurkan realme XT di Indonesia. Seperti yang kita ketahui seri X realme merupakan seri tertinggi dari realme, dan kali ini realme XT membawa peningkatan dari seri X yang sebelumya. Terutama untuk urusan kamera, dimana realme XT hadir sebagai salah satu smartphone pertama di dunia dengan sensor kamera 64MP.

3 Realme XT

Penasaran dengan produk yang satu ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

realme menyebut bahwa desain yang dihadirkan untuk perangkat realme XT adalah 3D Curve Glass dengan Goresan Cahaya Hiperbola. Hiperbola banyak digunakan di bidang matematika, arsitektur, dan astronomi. realme XT menggabungkan elemen-elemen tersebut pada kaca Gorilla Glass 5 yang memiliki bentuk lengkung, sehingga menghasilkan desain visual yang elegan dan menarik. Sedangkan pada bagian frame menggunakan bahan polycarbonate. realme XT memiliki dua pilihan warna, Pearl White dan Pearl Blue.

2 Realme XT 5 Realme XT

Body perangkat memiliki durabilitas yang cukup kokoh, karena kaca Gorilla Glass 5 tidak hanya terpasang pada bagian depan sebagai pelindung layar, tetapi juga pada bagian belakang.

Namun untuk realme XT kali ini, tampilan layar agak berbeda dengan realme X. Jika sebelumnya pada realme X menghadirkan desain layar penuh dengan kamera selfie pop-up, realme XT hadir dengan desain layar minidrop screen pada layar bagian atas.

12 Realme XT

Bezel realme XT memang terlihat lebih tipis, terutama pada bagian bawahnya yang biasanya masih menyisakan bezel tebal. Tombol navigasi terdapat di bagian dalam layar, dan pengguna juga bisa mengubahnya dengan navigasi gesture. Sedangkan pada bezel atas terdapat kamera selfie dan juga grill speaker yang berada di celah notch.

14 Realme XT

Pada body bagian belakang, tentunya terdapat empat modul kamera yang tersusun vertikal di pojok kiri atas. Sensor kamera tersusun dari atas ke bawah mulai dari sensor ultra-wide, kamera 64MP, kamera potrait dan kamera ultra-macro. Modul kamera terlihat menonjol keluar, beruntung realme XT memiliki aksesori jelly case yang cukup tebal, yang akan membuat modul kamera tidak lagi menonjol.

8 Realme XT 7 Realme XT

Untuk tombol dan slot, di sisi bagian kanan terdapat tombol power sedangkan di sisi bagian kiri tampak tray SIM card dan juga tombol volume up & down. Untuk tray SIM card yang kini di realme XT tak hanya tersedia dual SIM card tetapi juga terdapat slot MicroSD dedicated.

9 Realme XT 10 Realme XT 11 Realme XT

Spesifikasi

Sebagai penerus dari seri X, realme XT tentunya juga hadir dengan mengandalkan layar Super AMOLED dengan ukuran 6.4 inci dengan resolusi 2340x1080p, serta screen-to-body ratio sebesar 91.9%. Layar ini memiliki kepadatan piksel sebesar 402 ppi dengan tingkat kecerahan mencapai sekitar 430 nits. Layar terlihat cerah, dan memiliki akurasi warna yang sangat baik. Di kondisi terang seperti di luar ruangan pun layar tampak terlihat dengan jelas.

AIDA 64

Sementara untuk dapur pacunya, realme XT masih mengusung SoC Snapdragon 712 AIE 10nm Octa-core CPU (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver + GPU Adreno 616) yang telah difabrikasi dengan proses 10nm. SoC ini memiliki karakteristik performa yang cukup tinggi untuk smartphone kelas menengah, dan juga memiliki efisiensi daya yang tinggi serta kemampuan pencitraan kelas atas. Untuk memori, perangkat ini menggunakan RAM LPDDR4X dan storage UFS 2.1 dengan pilihan 4GB/128GB dan 8GB/128GB. Untuk perangkat yang kami uji yaitu varian RAM 8GB dan internal storage 128GB.

Adapun fitur Quad Camera Xpert yang menjadi keunggulan dari realme XT yaitu mengusung kamera 64MP ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 6P dan lensa 1/1.72, ukuran sensor 0.8 micron. Ditambah dengan kamera ultra wide 8MP F/2.2, dengan perspektif 119 derajat. Selain itu terdapat pula kamera ultra-macro 2MP dan juga kamera potrait/bokeh 2MP. Sedangkan kamera selfienya, smartphone ini juga dibekali dengan sensor 16MP f/2.0 Sony IMX471.

6 Realme XT

Fitur yang tersedia tentu saja ultra 64MP yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi  9216×6912p. Kemampuan perekaman maksimal yaitu hingga resolusi 4K @30FPS atau 1080p @60FPS yang juga didukung dengan EIS untuk perekaman video yang lebih stabil.  Selain itu terdapat fitur-fitur seperti AI Scene recognition, Chroma Boost, NightScape, dan Expert Mode. Sedangkan untuk kamera depan perekaman video mendukung hingga 1080p @30FPS dan juga didukung dengan EIS, dengan fitur AI Beauty.

Untuk OSnya, realme XT menggunakan custom OS ColorOS 6 dengan basis sistem operasi Android Pie 9.0. Beberapa fitur yang tersedia seperti Game Boost (Game Space), realme Share, Screen Off Clock (AOD), Clone Apps, Digital Wellbeing dan Parental Control tersedia di realme XT.

Game Space

Game Boost (HyperBoost 2.0) akan meningkatkan performa smartphone saat bermain game dengan membersihkan RAM, mengurangi latency dan memprioritaskan jaringan untuk bermain game. Dari sisi sensor sudah lengkap, yaitu Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, & Proximity Sensor.

Sensor Box

Kapasitas baterai realme XT masih dengan 4000mAh, yang juga didukung dengan pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 20 W. Sistem keamanan yang tersedia yaitu in-display fingerprint yang memiliki kecepatan 0,34 detik. Selain itu juga terdapat fitur Face Unlocked untuk otorisasi keamanan pengguna.

Untuk konektivitas nirkabel, realme XT dibekali dengan dual SIM 4GLTE, Wifi 2,4GHZ/5GHz Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, dan teknologi realme Share. Sayangnya smartphone ini belum menyediakan teknologi NFC bagi pengguna. Sedangkan untuk koneksi kabel sudah menggunakan USB Type C. Tersedia pula port jack 3,5mm untuk audio.

Pada box penjualan, di dalamnya terdapat unit smartphone, paket dokumen, adaptor charger VOOC Flash Charge 3.0, kabel USB Type C, SIM ejector, dan Jelly Case.

4 Realme XT 15 Realme XT 13 Realme XT
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…