in: News | October 24, 2019 | by: Friska

Samsung Perkenalkan Chipset Exynos 990

Samsung baru saja mengumumkan chipset terbarunya yang akan diberikan pada perangkat flagship mereka mulai tahun 2020 mendatang, yakni Exynos 990. Bersamaan dengan chipset ini, Samsung turut memperkenalkan 5G Exynos Modem 5123, di mana keduanya akan dimanufaktur menggunakan proses EUV 7nm milik Samsung.

Exynos 990 ini mendapatkan peningkatan performa hingga 20% dengan menggunakan setup tiga cluster CPU yang terdiri dari 2 ARM Cortex-A76 beperforma tinggi dan 4 inti efisiensi Cortex-A55. Chipset ini juga akan menggunakan prosesor grafis ARM Mali-G77, di mana disebutkan bahwa ini adalah GPU premium pertama yang berbasis arsitektur Valhall, di mana GPU ini akan memberikan 20% peningkatan performa grafis serta efisiensi tenaga.

Chipset Exynos 990 ini memiliki AI on-device yang ditangani melalui dual-core NPU (Neural Processing Unit), di mana fungsi AI diproses secara on-device alih-alih melalui jaringan dan server. Dengan proses ini, operasi bisa dilakukan lebih cepat dan aman. Sistem facial recognition berbasis AI juga mendapatkan peningkatan untuk menghasilkan kualitas tangkapan kamera lebih baik dari sebelumnya.

Chipset Exynos 990 juga telah mendukung LPDDR5 dengan data rate di 5500 Mbps dan mampu memberikan display refresh rate di 120Hz untuk kualitas scrolling dan animasi di layar smartphone lebih mulus. ISP yang hadir di chipset mendukung 6 sensor gambar individual dengan tiga prosesing di waktu bersamaan, sehingga ISP bisa menangani gambar yang dihasilkan kamera dengan resolusi tertinggi hingga 108MP.

Sementara 5G Exynos Modem 5123 adalah satu dari chip modem pertama yang dibuat menggunakan proses 7nm EUV, dan mendukung gelombang sub-6GHz dan mmWave. Chip ini telah memiliki dukungan konektivitas 2G GSM/CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE. Untuk konektivitas 5G, bersama dengan 8 carrier aggregation, chip ini bisa mencapai kecepatan unduh hingga 5.1 Gbps di sub-6GHz dan 7.5Mbps di jaringan mmWave. Chip ini juga mampu memberikan kecepatan hingga 3.06Gbps pada jaringan 4G menggunakan modulasi digital 1024 QAM. Mengingat kecepatan maksimum yang berhasil dicapai saat ini mencapai 3.67Gbps, maka chip modem milik Samsung ini akan mampu mengatasi segala trafik 5G saat ini.

Exynos 990 dan 5G Exynos Modem 5123 akan diproduksi massal mulai akhir tahun 2019, dengan diekspektasi chipset akan memulai debut di perangkat Samsung Galaxy S11 Series, tetapi pengecualian untuk wilayah Amerika Serikat di mana perangkat flagship Samsung mereka umumnya menggunakan chipset Snapdragon.

: ,

COMMENTS