in: News | November 4, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Alphabet Resmi Akuisisi Fitbit Senilai Rp 29 Triliun

Beberapa hari lalu, sempat tersiar kabar kalau Alphabet sebagai induk perusahaan Google tertarik untuk memiliki Fitbit. Kini, Alphabet dikabarkan telah resmi memiliki Fitbit dengan biaya akuisisi senilai USD 2.1 milyar atau jika dirupiahkan senilai Rp 29.4 triliun.

Pengumuman kepemilikan Fitbit ini disiarkan melalui blog resmi Google yang diutarakan oleh Rick Osterloh, Google SVP of Device and Services. Rick pun berujar kalau pembelian Fitbit ini merupakan kesempatan untuk Google berinvestasi lebih di OS Wear yang memang khusus dirancang untuk wearable seperti smartwatch.

Dalam kesepakatannya, Alphabet akan tetap memberikan kebebasan bagi Fitbit untuk melakukan berbagai inovasi. Hal ini sama seperti yang dilakukan Alphabet setelah mengakuisisi Nest. Alphabet juga menyatakan bahwa perusahaan tidak akan menggunakan data kesehatan dan kebugaran dari Fitbit untuk digunakan iklan Google.

Fitbit pun nantinya akan diminta untuk fokus dalam pengembangan fitnes tracking yang sudah ada dan dapat diintegrasikan ke aplikasi Google Fit. Sehingga hal ini dapat memberikan alternatif yang solid dan bisa bersaing dengan fitnes tracking milik Apple Watch.

Menurut berita yang kami kutip dari The Verge, pembelian Fitbit bukan satu-satunya investasi yang dilakukan oleh Google di produk kebugaran. Pada Januari lalu, Google akuisisi teknologi smartwatch milik Fossil senilai USD 40 juta. Sebelum diakuisisi, Fossil sendiri telah mengakuisisi perusahaan wearable Misfit pada 2015 silam.

: , , , , ,

COMMENTS