in: News | November 29, 2019 | by: Friska

MediaTek dan Intel Bekerja Sama Kembangkan Modem 5G untuk PC

Sejak beberapa tahun yang lalu, konsep perangkat dengan dukungan konektivitas 5G mulai diperkenalkan dan lebih dimantapkan pengembangannya untuk bisa menunjang kebutuhan 5G setidaknya mulai tahun 2019 ini, di mana beberapa wilayah dan negara mulai membuka layanan 5G mereka secara resmi. Untuk bisa mendukung konektivitas tersebut, penting bagi perangkat untuk disematkan modem dengan teknologi 5G, dan hal tersebut yang hendak dilakukan oleh MediaTek bersama dengan Intel untuk perangkat PC ke depannya.

Kolaborasi antar dua manufaktur prosesor dan chipset tersebut nantinya akan mengembangkan modem 5G untuk penggunaan di perangkat PC seperti laptop konsumen dan komersil, di mana memang konektivitas 5G ini umumnya diperkenalkan untuk digunakan di segmen industri atau perusahaan besar lebih dulu sebelum akhirnya menyasar ke masyarakat konsumen secara luas.

“Modem 5G untuk PC ini, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Intel, merupakan hal integral dalam membuat 5G bisa digunakan dan tersedia bagi platform rumah dan mobile,” kata Joe Chen, President, MediaTek, di dalam press release resminya. “5G akan masuk dalam era pengalaman PC berikutnya, dan lewat kerja sama dengan Intel, sebuah pemimpin dalam komputasi, memperjelas keahlian MediaTek dalam merancang teknologi 5G untuk pasar-pasar global. Lewat kemitraan ini, para konsumen akan bisa melakukan berbagai hal termasuk browsing, streaming dan game dengan lebih cepat di PC mereka, tapi kami juga mengharapkan mereka akan bisa berinovasi dengan 5G dalam cara-cara yang bahkan kita belum bisa bayangkan sekarang.”

Modem 5G dari MediaTek yang akan dikembangkan tersebut memiliki basis dari modem 5G Helio M70 yang telah diperkenalkan mulai tahun 2019 ini sebagai bagian dari SoC 5G terintegrasi untuk gelombang awal smartphone flagship 5G. Sementara brand laptop yang akan ditujukan menggunakan modem 5G kembangan MediaTek dan Intel ini pertama kali adalah brand Dell dan HP, di mana diharapkan perangkat bisa dirilis mulai 2021.

Tentunya, kerja sama dengan Intel ini sejalan dengan visi dan misi MediaTek dalam mendorong kehadiran 5G ke berbagai pasar seperti mobile, rumah dan otomotif. MediaTek berkomitmen untuk aktif dan bertumbuh kembang dalam mengembangkan teknologi 5G demi dapat berpartisipasi dalam mengatur standarisasi set fitur 5G, serta berkolaborasi dengan para pemimpin indutri untuk bisa menciptakan ekosistem industri 5G.

: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | October 24, 2019 | Comments

Tahun Depan, Seluruh Flagship Sony Experia akan Dukung 5G

News | September 27, 2019 | Comments

Spesifikasi Samsung Galaxy A70s Bocor

News | November 19, 2019 | Comments

Berapa Jumlah Redmi Note 8 yang Sudah Terjual?

News | September 16, 2019 | Comments

Oppo Reno Ace akan Hadir dengan Fast Charging 65W