in: Reviews | November 26, 2019 | by: Irham

Review Oppo A9 2020: Asik Buat Nonton dan Fotografi!

Kamera

Oppo A9 2020 menjadi salah satu smartphone di tanah air yang menghadirkan pengalaman empat kamera. Sensor kamera utama yang digunakan yaitu CMOS 48MP F/1.8. Kamera ini mampu mengabadikan foto dengan detail yang baik, serta pencahayaan yang optimal berkat aperture yang cukup besar. Pada kondisi minim cahaya seperti di dalam ruangan, kamera tetap mampu mengabadikan foto dengan minim noise. Kamera B/W 2MP yang tersedia, membantu kamera pada fitur HDR, sehingga objek foto terlihat lebih tajam dan detail yang diihasilkan juga terlihat lebih baik.

Untuk kebutuhan khusus seperti cetak dengan ukuran besar, pengguna bisa memanfaatkan mode 48MP yang akan menghasilkan foto dengan detail yang lebih baik. Terdapat fitu AI Scene Recognition dan Dazzle Color yang akan membuat foto memiliki warna yang lebih hidup. Selain itu terdapat pula fitur Ultra Dark Mode untuk mengambil foto di lingkungan yang sangat minim cahaya.

Kamera utama mampu merekam video dengan kualtias 4K@30fps, 1080P @30fps, 720P@30fps. Selain itu perekaman video juga sudah didukung dengan teknologi EIS (electronic image stabilizer)

Pada sensor ultra wide 8MP, kamera ini memiliki angle yang cukup luas yaitu 119 derajat. Dengan adanya kamera ultra wide, tentunya pengguna bisa mengabadikan momen dengan lebih baik tanpa terhalang perspektif yang sempit. Namun sayangnya untuk Ultra Wide hanya menggunakan Fix Focus, dan juga belum dapat digunakan untuk merekam video.

Kualitas foto potrait dengan tambahan kamera depth sensor 2MP juga membuat foto dengan mode potrait terlihat lebih baik. Tracing area blur dan fokus juga terlihat sangat optimal, bahkan untuk objek seperti rambut ataupun bulu. Namun sayangnya, pengguna tidak dapat mengatur tingkat komposisi blur yang diinginkan.

Potrait mode

Beralih ke kamera selfie, Oppo tetap menjadi jawara untuk kualitas selfie. Apalagi dibekali dengan fitur AI Beauty, foto selfie akan terlihat lebih memuka. Dengan teknologi AI, kamera akan  menyesuaikan dengan bentuk dan jenis kulit wajah pengguna. Selain itu HDR juga bekerja dengan sangat responsif. Saat kondisi backlight, kamera akan mengkondisikan gambar, agar wajah pengguna tetap terlihat jelas namun tidak mengalami over exposure. Pengguna dapat merekam video dengan kamera selfie dengan kualitas 1080P/720P@30fps

Baterai

Dengan kapasitas baterai yang tersedia yaitu 5000mAh, Oppo menjanjikan bahwa smartphone ini dapat digunakan untuk pemakaian normal selama seharian penuh. Pada pengujian standar yang kami lakukan yaitu memutar video HD secara playback, smartphone ini dapat bertahan selama kurang lebih 19 Jam. Meski demikian, kemampuan manajemen daya smartphone ini masih berada di bawah smartphone lain dengan layar, SoC, dan kapasitas baterai yang sama. Kemungkinkan besar, speaker stereo yang tersedia pada Oppo A9 2020 mempengaruhi hal tersebut, sehingga konsumsi daya sedikit lebih besar.

Sayangnya untuk pengisian daya masih tergolong lamban, karena perangkat ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh hanya dibekali dengan pengisian daya 5V/2A. untuk mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh, smartphone ini membutuhkan waktu selama 3 jam 18 Menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS