in: Reviews | November 1, 2019 | by: Irham

Review Oppo Reno2 F: Penerus Oppo F Series, Tak Cuma Jago Selfie

Kamera

Kualitas kamera dari Oppo Reno2 F terbilang cukup handal terutama untuk urusan fotografi. Berkat sensor 48MP dengan bukaan besar F/1.7, kamera dapat mengambil gambar dengan detail yang cukup baik serta pencahayaan yang baik. Dikondisi gelap, gambar tetap terlihat tajam dengan noise reduction yang terlihat minim.

Oppo Reno2 F juga dilengkapi dengan sensor 2MP B/W yang menjaga kontras dan ketajaman gambar. Selain itu algoritma Auto HDR terlihat bekerja dengan sangat baik, HDR tidak terlihat berlebihan, hanya mengangkat exposure pada bagian gelap dan mengurangi cahaya pada kondisi terang untuk membuat detail foto lebih terlihat. Untuk kondisi yang gelap, Reno2 F juga dilengkapi dengan fitur Night Mode untuk mengambil gambar lebih baik.

Dengan ultrawide 8MP yang diusungnya, Oppo Reno2 F tentunya memberikan pengalaman fotografi pengguna lebih menyenangkan. Menariknya kualitas dari kamera ultra wide juga cukup baik, dan memiliki algoritma yang mengurangi distorsi lengkungan pada hasil foto dengan perspektif yang lebih luas.

Meskipun untuk urusan zoom, perangkat ini belum sejago Oppo Reno 10X Zoom ataupun Reno2, karena tidak tersedia sensor yang didedikasikan khusus untuk kemampuan Zoom. Reno2 F hanya memiliki kemampuan Zoom 2X dan digital zoom optimal hingga 5X.

Disamping itu kemampuan potrait Reno2 F juga sangat baik. Dengan kamera tambahan 2 MP untuk menakar kedalaman ruang, smartphone ini mampu menciptakan tracing antara fokus dan blur dengan baik.

Namun untuk kemampuan video Reno2 F sayangnya belum sama memuaskan seperti fitu fotografinya. Maksimal perekaman hanya hingga 1080p @30Fps. Selain itu belum pula tersedia fitur EIS untuk membantu stabilisasi video. Kami sangat berharap Oppo bisa memberikan perbaikan melalui update software kamera, karena pada dasarnya fitur ini masih dapat diaktifkan melalui software.

Untuk kamera selfie, sepertinya tak perlu ditanyakan lagi, karena Oppo masih jadi jawara untuk urusan selfie. Kamera 16 MP dengan bukaan F/2.0 ini sangat baik untuk kebutuhan selfie. Apalagi dengan teknologi AI Beauty yang dimilikinya, bak sulap wajah pengguna akan terlihat cemerlang dalam sekejap. Tapi untuk urusan video, sama sepertinya kamera utamanya, kamera selfie Oppo Reno2 F juga masih minim fitur. Berikut beberapa hasil foto menggunakan kamera selfie Reno2 F.

Baterai

Untuk urusan manajemen dayanya, Oppo membekali Reno2 F dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Kapasitas ini dirasa sudah cukup untuk mentenagai smartphone Reno2 F untuk penggunaan seharian. Dengan Color OS 6.1 yang dijalankan, perangkat ini juga dapat lebih efisiensi daya dengan beragam mode baterai yang tersedia. Seperti biasa, untuk pengujian baterai kami menjalankan video playback 720p dari kondisi penuh hingga kosong. Dan smartphone ini mampu bertahan dengan waktu yang cukup lama yaitu 20 Jam 46 menit.

Sedangkan untuk pengisian baterainya, smartphone ini juga dibekali dengan pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0. Dengan chargerĀ  yang memiliki output 5V/4A atau 20W, smartphone ini dapat diisi dari kondisi kosong hingga penuh hanya dengan waktu 1 Jam 30 Menit. Reno2 F juga dapat diisi sebanyak 50% dari kondisi penuh dengan waktu 30 menit.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS