in: News | December 5, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Didukung 5G dan AI Engine, Qualcomm Resmi Perkenalkan SoC Snapdragon 765 

Qualcomm saat ini tengah menggelar ajang Snapdragon Technology Summit 2019. Ajang setahun sekali yang diadakan di Hawaii ini, selalu dimanfaatkan oleh Qualcomm untuk memperkenalkan teknologi terbarunya. Pada kesempatan ini, Qualcomm menyatakan bahwa tahun 2020 mendatang merupakan era 5G, sehingga sang produsen pun mengumumkan dua SoC terbaru yang telah mendukung konektivitas 5G, salah satunya adalah Snapdragon 765. Dan berikut ini adalah keunggulan dari Snapdragon 765 dibanding SoC 700 Series sebelumnya.

Sama seperti Snapdragon 865, Snapdragon 765 juga telah didukung konektivitas 5G End-to-End. SoC ini dilengkapi dengan modem yang mendukung konektivitas 5G yaitu Snapdragon X52 Modem-RF System. Modem ini dirancang untuk memberikan tiga hal terpenting yaitu:  

  • Kecepatan download multi-gigabit hingga 3,7 Gbps dan kecepatan upload hingga 1,6 Gbps
  • Jangkuan jaringan mencakup pengguna di seluruh dunia 
  • Daya tahan baterai yang panjang

Selain konektivitas 5G, Snapdragon 765 juga didukung oleh AI Engine generasi ke-5 dari Qualcomm. Kombinasi antara modem Snapdragon X52 Modem-RF System dan AI Engine generasi ke-5 ini diklaim dapat memberikan pengalaman mobile lebih baik, mulai dari kamera, audio, suara dan gaming. AI Engine generasi ke-5 ini juga menghadirakn Qualcomm Hexagon Tensor accelerator terbaru yang dapat memberikan pengalaman mobile yang canggih dan lancar dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya.

Untuk ISP (Image Signal Processor), Snapdragon 765 dapat memungkinkan pengguna untuk memilih lensa telephoto, wide dan ultra – wide, sehingga dapat menghasilkan foto dengan hasil menakjubkan tanpa alat tambahan. Snapdragon 765 juga dapat membantu melakukan proses rekam video 4K HDR.

Mengenai kinerja grafisnya, Snapdragon 765 pun mengalami peningkatan kinerja berkat hadirnya Qualcomm Kyro 475 terbaru berkecepatan 2,3 GHz dan GPU Adreno 620 yang menawarkan peningkatan kinerja hingga 20% dibanding pendahulunya. Qualcomm mengklaim , kombinasi antara keduanya dapat memberikan pengalaman gaming, rendering video, dan masih banyak lagi tanpa kendala. 

Snapdragon 765G 

Selain Snapdragon 765, Qualcomm juga memperkenalkan Snapdragon 765G. SoC yang dikembangkan dari Snapdragon 765 ini, dirancang dengan menggabungkan kinerja 5G dan AI di dalamnya dengan sejumlah fitur seperti Qualcomm Snapdragon Elite Gaming untuk memberikan kinerja gaming lebih baik. 

Snapdragon 765G menawarkan kinerja AI hingga 5,5 Trillion Operations per Second (TOPS) dan rendering grafis 20% lebih cepat dengan GPU Adreno yang telah diperkuat. Fitur Snapdragon Elite Gaming tingkat tinggi ini pun disertakan untuk menyediakan optimasi game secara khusus, gameplay yang lebih halus, serta detail dan warna yang lebih kaya dengan HDR 10-bit untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming yang berkualitas tinggi. 

Jadi, SoC Snapdragon 765G dirancang untuk memberikan pilihan pengalaman tingkat premium bagi para gamer dan membuat para gamer dapat bermain di mana saja, kapan saja secara virtual dengan gaming 5G multigigabit.

: , , , , ,

COMMENTS