in: News | December 10, 2019 | by: Friska

IDC: Pengapalan Perangkat Wearables Meningkat Hampir 95 Persen

Dengan semakin banyak produk smartphone yang tidak lagi memiliki port audio 3.5mm, maka semakin banyak juga yang memberikan alternatif bagi mereka yang masih ingin mendengarkan musik melalui smartphone mereka tersebut. Salah satunya? Tentu saja produk wireless earphones atau earbuds yang bisa dihubungkan dengan konektivitas Bluetooth alih-alih menggunakan kabel lagi.

Tren yang mulai memanas dalam beberapa waktu belakangan ini membuat penjualan perangkat wearables di kuartal tiga tahun 2019 ini pun semakin meningkat. Berdasarkan laporan dari IDC, penjualan global untuk perangkat wearables meraih total hingga 84,5 juta unit, meningkat hampir 95% dibandingkan dengan tahun lalu di kuartal yang sama.

Yang cukup menarik, ditulis juga di IDC bahwa peningkatan ini terjadi berkat penjualan perangkat wireless earphones/earbuds, dengan nomor dua dan berikutnya diikuti dengan produk wrist bands dan smartwatch.

“Hearables telah menjadi produk baru yang siap berjalan untuk pasar wearables,” tulis Ramon T. Llamas selaku research director untuk tim IDC bagian Wearables. “Hal ini dimulai sejak smartphone menghapus headphones jack dari produk mereka, di mana mendorong konsumen beralih ke wireless headphones. Dan terus berlanjur di mana ada fitur tambahan untuk menambah pengalaman mendengarkan audio. Selanjutnya, hearables memiliki form factor yang beragam, mulai dari wireless hingga over-the-ear headphones, memberikan minat ke berbagai kalangan pengguna. Dan terakhir, harga juga semakin terjangkau dengan mulai menyentuh di harga di bahwa USD 20.”

Ditulis juga oleh Jitesh Ubrani sebagai research manager untuk IDC Mobile Device Trackers bahwa kebangkitan asisten pintar (smart assistant) di rumah maupun ponsel juga membuat tumbuhnya permintaan akan wearable yang bisa terhubung dengan asisten tersebut. Juga dengan berbagai form factor dan keterlibatan asisten pintar, pasar wearable semakin bertumbuh pesat untuk menjadi kategori perangkat massal ketimbang menjadi yang utama sebagai perangkat untuk mendukung fitness atau kesehatan.

Pengapalan terbanyak di kuartal ketiga 2019 ini dipimpin oleh Apple dengan sebanyak 29,5 juta unit telah dijual secara global, menyusul produk Xiaomi, Samsung, Huawei, dan Fitbit di bawahnya.

: , ,

COMMENTS