in: News | December 6, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Qualcomm Umumkan Platform 5G Snapdragon XR2 Pertama Di Dunia

Masih di suasana event Snapdragon Technology Summit 2019, Qualcomm tampaknya sangat antusias dalam memperkenalkan beberapa inovasi dan teknologi terbarunya. Pada kesempatan yang sama, Qualcomm juga turut mengumumkan platform terbarunya yang juga mendukung 5G dengan nama Snapdragon XR2.

Platform Snapdragon XR2 merupakan platform 5G pertama di dunia yang juga mendukung extended reality (XR) yang menggabungkan inovasi 5G dan AI. Qualcomm mengklaim bahwa platform Snapdragon XR2 ini akan mampu mengantarkannya ke era baru komputasi mobile, dimana platfom berkualitas premium ini memang dirancang secara spesial untuk perangkat seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan mixed reality (MR).

Pihak Qualcomm menyatakan bahwa Platform Snapdragon XR2 dikemas dengan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan platform Snapdragon XR sebelumnya. Platform Snapdragon XR2 bisa dikatakan sebagai platform XR pertama di dunia juga yang mendukung 7 kamera (yang dijalankan) bersamaan yang terdapat pada perangkat AR/VR/XR/MR dan prosesor visi komputer (computer vision) khusus. Snapdragon XR2 ini juga mendukung pass – through kamera dengan latensi rendah sehingga dapat memaksimalkan kemampuan MR yang sesungguhnya. Sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat, berinteraksi, dan membuat bentuk hybrid dari dunia virtual dan dunia nyata sambil menggunakan perangkat VR.

Untuk pengolahan tampilan visual agar mendapatkan pengalaman yang realistis di XR, platform Snapdragon XR2 membuat terobosan dalam pemrosesan pada core GPU dengan mendukung 1,5 kali pixel rate dan 3 kali texel /texture element  rate – yaitu kemampuan untuk memproses jumlah pixel dan texture per detik, untuk rendering grafis dengan tingkat efisiensi tinggi.

Fitur-fitur spesifik XR seperti foveated rendering dengan pelacakan mata (eye tracking) dan peningkatan tingkat variabel untuk refresh rate yang lebih halus membantu beban kerja yang berat dengan tetap mempertahankan konsumsi daya yang rendah. Platform Snapdragon XR2 menawarkan resolusi pada panel display hingga 3k by 3k per eye pada 90 frame per detik (fps). Platform Snapdragon XR2 merupakan yang pertama mendukung video resolusi 8K 360 derajat pada 60 frame per detik (fps) untuk streaming dan playback lokal video dengan visual photorealistic. Silikon khusus yang dikembangkan pada platform ini untuk memberikan tampilan AR yang unik guna membantu mengurangi latensi sistem secara keseluruhan untuk mempertahankan pengalaman AR yang mendalam.

Agar dapat memberikan pengalaman interaktif yang lebih akurat dan efisien, Snapdragon XR2 memperkenalkan dukungan untuk tujuh kamera (yang dijalankan) bersamaan dan prosesor visi komputer (computer vision) khusus. Beberapa kamera yang dijalankan bersamaan memungkinkan pelacakan real – time dan akurat dari kepala, bibir dan mata ditambah dengan pelacakan tangan di 26 titik.

Platform Snapdragon XR2 ini juga dikatakan mampu memberikan pengalaman audio tingkat tinggi dalam suara spasial 3D yang kaya sambil memberikan interaksi suara yang jernih untuk perangkat AR/VR/MR. Platform ini dilengkapi fitur always – on Qualcomm® Hexagon ™ DSP yang dibuat khusus dan berdaya rendah untuk mendukung fitur yang sebelumnya hanya terdapat di perangkat keras seperti aktivasi suara dan context detection untuk membantu menjaga pikiran pengguna tetap di dalam dunia digital, namun pendengaran tetap ada di dunia nyata.

Platform Snapdragon XR2 menghadirkan inovasi yang dibutuhkan oleh era digital baru. Beberapa OEM kabarnya telah berkomitmen untuk mengkomersialkan perangkat AR/VR/MR dengan Platform Snapdragon XR2 dan pelanggan lainnya sedang dalam berbagai tahap pembuatan purwarupa dan evaluasi. “Hari ini menandakan tonggak sejarah yang signifikan untuk seluruh industri XR dan kami bersemangat untuk melanjutkan upaya kami untuk mengubah cara dunia terhubung dan berkomunikasi dengan menggunakan XR”, Ujar pihak Qualcomm.

: , , , , ,

COMMENTS