in: Highlights - News | December 20, 2019 | by: Friska

TikTok di 2019: Konten Edukasi Juga Banyak Diminati di Indonesia

Pada hari Kamis (19/12), TikTok sebagai salah satu platform video singkat yang populer di dunia, baru saja memaparkan beragam pencapaian serta data hasil kompilasi di tahun 2019 ini, terutama data dari para penggunanya di Indonesia. Cukup menariknya, tidak hanya sekedar mencari konten hiburan komedi yang lucu saja, tetapi pengguna di Indonesia juga menyukai konten yang bersifat edukasi dan traveling.

“Tahun ini merupakan tahun yang penting bagi TikTok, dimana masyarakat Indonesia rata-rata menonton 100 video di TikTok setiap harinya. TikTok seakan menawarkan jendela dengan pemandangan video dari berbagai konten yang relevan, serta mendorong kreativitas user melalui proses pembuatan video serta editing tools yang mudah digunakan, untuk mendukung para kreator dalam hal pengembangan konten”, ungkap Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok, Indonesia.

Angga menyebutkan bahwa setiap negara memiliki keunikan dan tren video singkat masing-masing, sementara di Indonesia terlihat bahwa banyak pengguna yang kerap menonton TikTok yang memiliki konten edukatif, traveling, hingga berbagai konten tips and trik sederhana yang kreatif dari para kreatornya. Di Indonesia sendiri, setiap harinya ada lebih dari 100 video yang ditonton, dan terdapat setidaknya konten video di TikTok Indonesia telah mendapatkan 21 milyar views per bulan. Tren video singkat yang berkembang lewat TikTok ini juga tak luput dari konten pariwisata yang didukung oleh Dinas Pariwisata Indonesia, terlebih sejak adanya tantangan populer di Indonesia selama tahun 2019, #ColorfulMedan, yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan serta #BelajarBareng, yang mengajak pengguna untuk membagikan konten yang edukasi, dan masih berlangsung hingga saat ini.

TikTok juga memaparkan tentang apa saja yang menjadi paling populer dan terbaik sepanjang tahun 2019 lewat platform mereka, seperti misalnya efek dan fitur populer yang diramaikan oleh TikTok Moji dan Anti Lemes yang paling disukai oleh pengguna di Indonesia, “Salah Apa Aku” dan “Siapa Benar Siapa Salah” yang merupakan musik lokal yang sempat viral, selebriti serta kreator populer di TikTok yang diisi oleh Gisella Anastasia, Irma Dharmawangsa, Anji Manji dan lain sebagainya.

Melihat kilas balik dari tahun 2019 ini, pihak TikTok mengemukakan bahwa tren konten video saat ini mulai bergeser dan semakin banyak pengguna maupun kreator yang menuangkan ide serta kreativitasnya lewat platform ini, sehingga dapat menghasilkan video menarik yang bisa ditonton oleh siapa saja. Pihaknya pun turut mengajak para masyarakat untuk mengekspresikan kreativitas dan bakat mereka lewat TikTok untuk membuat sebuah video seru yang unik, atau hanya sekedar bersenang-senang saja.

:

COMMENTS