in: Reviews | January 20, 2020 | by: Friska

Review Smartphone Android: Advan G3 Pro 2020

Semakin berkembangnya teknologi, terutama perangkat mobile dewasa ini, maka tren teknologi pun perlahan-lahan mulai bergeser dengan standar baru setiap tahunnya. Tahun 2019 lalu, masyarakat Indonesia disuguhkan beragam smartphone kelas menengah yang spesifikasi dan fiturnya tidak kalah dengan smartphone kelas premium, tetapi bisa ditawarkan dengan harga jual yang lebih terjangkau. Tren ini pun kemudian menggeser standar dari smartphone itu sendiri, di mana tidak hanya berdampak pada kelas menengah saja tetapi juga di kelas entry.

Dampak yang dimaksudkan, tentu saja lebih bersifat positif, karena smartphone kelas menengah bawah atau entry masa kini telah memiliki spesifikasi, desain dan fitur yang lebih bisa menarik perhatian pasar secara umum, tentunya masih mengusung harga yang rendah.

Advan merupakan salah satu brand smartphone lokal yang masih berdiri kuat untuk berkompetisi di pasar smartphone Tanah Air. Di penghujung akhir tahun 2019 kemarin, pihaknya baru saja merilis seri baru untuk Advan G, yakni Advan G3 Pro 2020. Mengikuti perkembangan tren smartphone masa kini, Advan mendesain G3 Pro 2020 ini untuk memiliki penampilan yang jauh lebih menarik untuk dilihat, tetapi dengan spesifikasi dan fitur yang tidak murahan.

Desain dan Spesifikasi

Advan G3 Pro 2020 mengusung desain bodi keseluruhan yang mirip dengan smartphone modern saat ini, lengkap dengan bezel lebih tipis dan notch kecil sebagai posisi kamera selfie berada sehingga layar bisa menjadi lebih luas untuk dinikmati sebagai perangkat hiburan. Perangkat ini sendiri memiliki layar 6,3 inch IPS 2.5D Glass beresolusi 1520 x 720 pixel HD+ yang berasio 18:9. Dengan layar yang relatif luas ini, maka pengguna akan bisa bermain game maupun menonton video dengan lebih leluasa. Agak disayangkan responsif layar dari G3 Pro 2020 ini masih terkesan lambat, sehingga akan sedikit mengganggu bagi mereka yang menginginkan sebuah layar sentuh yang beresponsif cepat, terutama ketika tengah mengetik pesan atau bermain game.

Tombol fisik berada di sisi kanan smartphone, di mana tombol terdiri dari tombol volume dan tombol power (ON/OFF). Sementara untuk sisi kiri, merupakan tempat di mana slot SIM card/microSD card berada. Slot tersebut berbentuk hybrid, sehingga pengguna bisa memilih untuk menaruh dua buah SIM card secara bersamaan, atau satu SIM card dan satu microSD card di dalamnya.

Pada sisi bawah smartphone, Advan menempatkannya sebagai posisi speaker utama, dan pada bagian sisi atasnya adalah posisi port microUSB untuk pengisian ulang baterai yang telah mendukung fungsi OTG dan port jack audio 3.5mm berada.

Seperti yang telah disebutkan di atas, notch kecil pada sisi atas layar merupakan tempat di mana kamera selfie berada, dan kamera utama yang terdiri dari dua buah sensor ditempatkan di bodi belakang, tepatnya di sisi kiri atas smartphone. Kedua kamera utama tersebut dibarengi dengan lampu LED flash. Tidak ada sensor fingerprint pada perangkat ini, namun untuk ekstra keamanan perangkat, Advan memberikan fitur Face Unlock pada G3 Pro 2020 sebagai gantinya.

Untuk spesifikasi lengkapnya, Advan G3 Pro 2020 memiliki dimensi 161.3 x 76.7 x 8.55 mm dengan bodi belakang glossy didesain sedemikian rupa untuk memiliki pola garis yang unik, dilengkapi opsi pilihan warna Peacock Blue dan Jade Green.

Dapur pacu utama untuk perangkat ini sendiri terdiri dari chipset SC9863A OctaCore A55 1.6GHz+1.2GHz dengan GPU IMG8322 up to 550MHz, RAM 4GB dan kapasitas storage internal 64GB yang masih bisa ditambahkan hingga 128GB menggunakan microSD card tambahan. Untuk ukuran smartphone kelas entry, RAM dan storage ini tergolong tinggi dan menjadi nilai plus tersendiri, seperti layaknya smartphone kelas menengah.

Untuk setup kamera utamanya, G3 Pro 2020 mengusung kamera ganda AI dengan 12MP + 2MP yang juga telah mampu merekam video resolusi 1080p di 30fps, sementara kamera depan memiliki resolusi 8MP yang rasanya lebih dari cukup untuk sekedar mengambil foto untuk media sosial.

Untuk kelengkapan lainnya, G3 Pro 2020 telah mendukung konektivitas 4G LTE untuk kedua slot nano SIM card yang dimilikinya, WIFI 802.11 b/g/n, Bluetooth V4.2, dan GPS. Sensor yang dimilikinya cukup sederhana, dengan terdiri dari accelerometer, proximity, dan sound sensor. G3 Pro 2020 berjalan di IDOS 9S.12 berbasis Android 9.0 Pie, dan memiliki kapasitas baterai 3000mAh.

Dalam paket penjualannya, G3 Pro 2020 telash dibundling bersama dengan kartu nomor provider SIM Axis, paket tambahan untuk menikmati aplikasi Genflix dan GTunes. Untuk kelengkapan penjualannya, Advan memberikan isi paket penjualan berupa 1 unit smartphone G3 Pro 2020, charger adapter, kabel microUSB, earphones, SIM ejector, soft jelly case, kartu garansi dan panduan pemakaian.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS