in: News | January 27, 2020 | by: Friska

Suksesor Vine, Byte, Akhirnya Dirilis

Sebelum masa TikTok, para pengguna internet atau mobile mungkin pernah mendengar aplikasi video singkat yang cukup fenomenal sebelum tahun 2016, yaitu Vine. Sedikit berbeda dengan aplikasi penyedia platform media sosial lainnya, Vine memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk berkreasi melalui video singkat yang hanya 6 detik saja durasinya. Walau sangat pendek, namun para pengguna berhasil membuat kreasi video unik dalam waktu 6 detik yang membuatnya cepat populer di kalangan netizen.

Sayangnya, layanan Vine bubar di tahun 2016 lalu, walau dijanjikan akan ada “Vine kedua” sebagai pengganti layanan tersebut. Dan kini, dilaporkan bahwa layanan pengganti Vine, Byte, sudah bisa diakses dan dipakai lewat Google Play Store.

Dari laporan yang diberitakan oleh Android Police, pihaknya mengatakan bahwa Byte ini terasa seperti versi modern dari Vine terdahulu, di mana pengguna bisa langsung memakai platform ini secara langsung, yakni membuat video singkat 6 detik yang berulang (looping) hanya dengan melakukan pendaftaran menggunakan akun Google. Untuk sementara, pengguna hanya bisa mendaftar dengan akun Google saja, belum bisa menggunakan akun lain.

Seperti Instagram, tab pada bagian bawah aplikasi merupakan kontrol utama untuk aplikasi Byte, dengan terdapat tombol Home, Explore, Activity, Profile, dan tombol Camera yang memungkinkan pengguna untuk langsung membuat video singkat tersebut.

Aplikasi Byte ini gratis diakses tanpa ada iklan untuk saat ini, namun ada prediksi bawah semakin berkembangnya platform ada kemungkinan juga developer akan mengembangkan sesuatu untuk bisa memonetisasi platform ini. Namun untuk sementara waktu, pengguna bisa bebas menggunakan dan berkreasi.

:

COMMENTS