in: Featured - Highlights - Reviews | February 12, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Hasil Benchmark Samsung Galaxy S20 Ultra: Kencang!

Beberapa jam lalu, Samsung mengumumkan hadirnya smartphone flagship terbaru mereka, keluarga Galaxy S20, melalui acara yang digelar di San Francisco, AS. Terdapat tiga smartphone yang menjadi anggota keluarga Galaxy S20, yaitu Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra. Dedy Irvan, yang mewakili tim Jagat Review berangkat ke acara tersebut, mendapatkan kesempatan untuk mencoba jajaran smartphone baru tersebut, dan sempat juga melakukan benchmarking untuk Galaxy S20 Ultra! Seperti apa performa yang ditawarkan?

Galaxy S20 Ultra: Mencoba Versi Exynos 990

Unit Galaxy S20 Ultra yang sempat dicoba adalah yang menggunakan Exynos 990. Ya, untuk pasar Indonesia, Samsung kembali menghadirkan produk flagship mereka dengan SoC besutan mereka sendiri, Exynos, dan varian Exynos 990 ini adalah SoC premium terbaru mereka yang hadir dengan fabrikasi 7 nm EUV. Ini adalah penerus dari Exynos 9820 dan Exynos 9825 yang mereka gunakan di flagship mereka tahun lalu.

Exynos 990 ini mengusung CPU octa-core dengan konfigurasi 2+2+4, tepatnya 2x Custom Core “M5” 2.7 GHz, 2x Cortex A76 2.5 Ghz, dan 4x Cortex A55 1.8 GHz. Sementara untuk GPU, SoC ini menggunakan GPU besutan ARM, Mali-G77 MP11. Samsung juga menyebutkan bahwa SoC ini dibekali dengan dual-core NPU.

Ketiga anggota keluarga Galaxy S20 ini hadir dengan Exynos 990

Terkait performa, Samsung menyebutkan bahwa SoC ini menawarkan peningkatan performa CPU hingga 25% dari generasi sebelumnya. Dari sisi GPU, peningkatan performa diklaim ada di kisaran 15% – 20%. Lalu, untuk NPU, performanya diklaim meningkat hingga 4.3x dibandingkan pendahulunya di kelas yang sama.

Hasil Benchmark: Kencang!

Berhubung waktu yang cukup terbatas untuk melakukan hands-on terhadap Galaxy S20 Ultra, kami memang tidak bisa menjalankan set benchmark lengkap kami. Namun, dengan 3 benchmark yang berhasil kami jalankan, yaitu AnTuTu 8, Geekbench 5, dan 3DMark Sling Shot Extreme, kami rasa cukup bisa memberikan gambaran performa SoC ini. Berikut ini adalah hasil pengujian kami:

*klik untuk memperbesar
*klik untuk memperbesar
*klik untuk memperbesar

Terlihat, performa yang ditawarkan oleh Exynos 990 ini terbilang kencang. Baik dari sisi CPU maupun GPU, Exynos 990 memiliki kemampuan yang layak untuk digunakan di sebuah smartphone flagship terbaru. Bila dibandingkan dengan SoC premium generasi sebelumnya, Exynos 990 terbilang memang bisa menghadirkan peningkatan yang cukup jauh. Hasil-hasil tersebut tentu saja membuat kami tidak sabar untuk mencoba langsung, secara keseluruhan tentunya, Galaxy S20 Ultra dengan Exynos 990 ini. Semoga saja kesempatan itu datang dalam waktu dekat ini.

: , ,

COMMENTS