in: News | February 8, 2020 | by: Friska

Netflix akan Gunakan Codec AV1 untuk Smartphone Android

Salah satu hal yang dibutuhkan sebuah aplikasi layanan streaming seperti Netflix adalah bagaimana mereka bisa memberikan codec yang tepat untuk optimalisasi penggunaan, terutama mereka yang melakukan layanan streaming ini dengan masih menggunakan mobile data alih-alih WiFi untuk menghemat kuota tetapi mumpuni untuk memberikan streaming yang lancar dan stabil.

Saat ini, secara default Netflix menggunakan codec VP9 untuk sistem Android yang secara native bisa didukung oleh software maupun hardware. Namun sepertinya, codec tersebut akan digantikan dengan AV1, selama konten yang di-streaming mampu mendukung codec ini.

Codec AV1 ini sendiri merupakan open codec yang bebas royalti, didesain untuk melakukan encoding konten untuk internet yang memiliki backing dari berbagai perusahaan besar seperti misalnya Amazon, Apple, Google, Microsoft, Intel, Mozilla, Facebook, Cisco, Netflix, Samsung, Vimeo, MediaTek, dan lain sebagainya. Codec ini dikembangkan untuk bisa menggantikan hampir seluruh codec yang tersedia saat ini di masa depan nanti, di mana selain bebas royalti, AV1 didesain untuk bisa memberikan kualitas gambar hampir setara dengan codec VP9, tetapi memiliki kompresi data lebih baik 20%.

Saat ini, codec AV1 baru bisa mendukung di Android 10, dan belum ada chipset di pasaran yang sudah memiliki dukungan terhadap decoding untuk AV1 ini. Netflix sendiri menyematkan codec AV1 di dalam aplikasinya sebagai opsi tambahan untuk fitur data-saving, tapi bukan sebagai pengganti dari codec VP9 dan codec ini juga masih membutuhkan decoder sendiri seperti dav1d. Tak hanya Netflix, situs dan platform streaming lainnya juga memiliki rencana untuk beralih ke codec AV1, tapi masih butuh transisi lebih lanjut untuk bisa memenuhinya.

(sumber)

:

COMMENTS