in: News | February 12, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Galaxy Z-Flip Juga Diumumkan di Galaxy Unpacked!

Foldable smartphone baru Samsung, Galaxy Z-Flip, jadi salah satu produk yang diumumkan di Galaxy Unpacked di San Francisco, AS. Jadi, Samsung bukan hanya memperkenalkan keluarga Galaxy S20, tapi juga produk baru yang terbilang menarik ini. Mereka menyebutkan Galaxy Z-Flip ini akan membawa pengalaman baru bagi pengguna smartphone, dan tentunya smartphone ini dibekali dengan spesifikasi tinggi.

Lini Baru: Galaxy Z

Samsung menyebutkan bahwa Galaxy Z-Flip ini merupakan pembuka jalan, produk perdana mereka untuk lini baru Galaxy Z-series. Galaxy Z-Flip ini disebut Samsung merupakan produk yang mengedepankan aspek fashion dan teknologi. Bisa jadi, itu adalah kunci gambaran seperti apa produk Galaxy Z-series ke depan nanti.

Galaxy Z-Flip ini memiliki dimensi 73.6 x 167.3 x 7.2 mm dalam keadaan terbuka. Sementara saat dilipat, ukurannya hanya 73.6 x 87.4 x 17.3 mm. Memang, saat dilipat akan jadi lebih tebal, tetapi footprint-nya akan lebih ringkas dan bisa jadi lebih mudah dimasukkan ke dalam saku.

 

Layar Luar Biasa yang Bisa Dilipat

Smartphone ini menggunakan layar Dynamic AMOLED 6.7″ dengan bendable Ultra Thin Glass, membuatnya bisa dilipat, menghasilkan ukuran yang relatif lebih ringkas. Layar tersebut memiliki rasio 21:9, dengan resolusi Full HD+. Samsung sendiri menyebutkan bahwa desain layar tersebut disebut sebagai Infinity Flex Display.

Menariknya, smartphone ini memiliki layar kedua, dengan ukuran 1.1″, dengan panel Super AMOLED, di sisi belakang. Layar ini bisa membantu pengguna “mengintip” notifikasi yang masuk saat Z-Flip dalam keadaan terlipat.

Mekanisme lipat di smartphone ini juga didukung oleh Hideaway Hinge. Engsel ini memungkinkan smartphone dibuka di sudut tertentu, jadi bukan hanya terbuka penuh atau terlipat saja. Ini membuat pengguna bisa punya kemungkinan penggunaan yang cukup menarik.

Kamera: Bukan yang “Wah” Tapi Tetap Menarik

Di Galaxy Z-Flip ini, Samsung menyematkan dual camera untuk sistem kamera utamanya. Terdapat kamera utama 12 MP f/1.8 dengan FOV 78° untuk kamera utama dan kamera ultrawide dengan sensor 12 MP dan f/2.2 dengan FOV 123°. Kamera ini ditempatkan di samping layar kedua dari smartphone ini.

Sementara untuk kamera selfie, terdapat kamera di layar dengan sensor 10 MP. Kamera ini memiliki lensa dengan bukaan f/2.2 dan FOV 80°.

Juga Hadir ke Indonesia

Smartphone dengan SoC Snapdragon 855, baterai 3300 mAh, serta berat 183 gram ini dipastikan Samsung akan hadir di Indonesia. Pre-order perangkat ini akan dimulai siang ini, bersama dengan keluarga Galaxy S20, di Galaxy Launch Pack. Harga pre-order yang diinformasikan oleh Samsung adalah Rp 21.888.000 dengan RAM 8 GB dan storage internal 256 GB.

Samsung menyebutkan juga bahwa smartphone ini akan hadir dalam jumlah terbatas, dalam warna ungu dan hitam, dimulai dari Korea Selatan dan AS. Warna emas disebut juga akan tersedia, seiring dengan masuknya smartphone ini ke beberapa negara lain. Sayangnya, kami belum mendapatkan informasi berapa jumlah Galaxy Z-Flip yang akan dijual di Indonesia, dan opsi warna apa saja yang tersedia, setidaknya untuk saat artikel ini ditulis.

 

Tabel Spesifikasi Galaxy Z-Flip

SoC Snapdragon 855
Octa Core CPU Kryo 485
GPU Adreno 640
DSP Hexagon 690
RAM 8 GB
Storage 256 GB
Layar 6.7″ Infinity Flex FullHD+
Dynamic AMOLED

1.1″ Cover Display
Super AMOLED

Kamera Utama: 12 MP f/1.8 (FOV 79°)
Ultrawide: 12 MP f/2.2 (FOV 123°)

Selfie: 10 MP f/2.2 AF (FOV 80°)

Baterai 3300 mAh
Fast Charging
Wireless Power Share
Audio Mono Speaker
Keamanan Fingerprint
Face Recognition (hanya tersedia saat smartphone dibuka)
Konektivitas 4G/LTE (1x Nano SIM + 1 eSIM)
WiFi (802.11 a/b/g/n/ac)
Bluetooth 5.0
NFC
USB Type C
Dimensi 73.6 x 167.3 x 7.2 mm (terbuka)
73.6 x 87.4 x 17.3 mm (tertutup)
Bobot 183 mm
OS Android 10, One UI 2.0
: ,

COMMENTS