in: News | February 4, 2020 | by: Dedy Irvan

TCL akan Berhenti Memproduksi dan Menjual Smartphone BlackBerry

BlackBerry merupakan perangkat yang sangat populer di kalangan para pengguna kasual maupun bisnis di masanya, sebelum akhirnya Android mulai merajalela. Kini, walau sudah tidak segencar dulu, BlackBerry masih diakui sebagai perangkat mobile yang memiliki tingkat keamanan pengiriman pesan dan data yang terbaik hingga saat ini.

Sebelum ini, BlackBerry akhirnya meluncurkan perangkat yang berbasis Android semenjak TCL Communication menjadi lisensi resmi untuk mendesain, mengembangkan, dan memanufaktur perangkat BlackBerry menjadi lebih modern seperti yang sudah bisa dilihat dari produk BlackBerry KEY Series. Namun laporan terakhir menyebutkan bahwa TCL Commucation tidak lagi akan menjadi pemegang lisensi BlackBerry untuk bisa dijual ke pasar smartphone kembali.

Pernyataan ini datang dari akun Twitter resmi BlackBerry, BBMobile, yang mengunggah surat pernyataan resmi terkait posisi TCL Communication dengan BlackBerry, di mana dalam surat tersebut memaparkan bahwa per 31 Agustus 2020, TCL tak lagi akan menjual perangkat BlackBerry. TCL juga tidak lagi memiliki hak untuk mendesain, memanufaktur, maupun menjual perangkat BlackBerry apapun.

Walau demikian, TCL masih akan memberikan dukungannya terhadap portofolio BlackBerry yang sudah rilis di pasaran, termasuk customer service dan garansi, hingga 31 Agustus 2022.

Dalam surat yang sama, pihak BlackBerry berterima kasih atas kerja sama antar mitra bisnisnya selama ini, sekaligus ingin berterima kasih juga terhadap para pengguna, fans, dan komunitas atas semua dukungan yang diberikan hingga saat ini. Pihaknya juga turut menyatakan bahwa walau akan berpisah jalan, semoga kedua belah pihak bisa melanjutkan perjalanannya hingga di masa yang akan datang.

Surat pernyataan resmi dari BlackBerry ini bukan berarti menyatakan bahwa produk BlackBerry akan sama sekali “mati”, mengingat produk BlackBerry tidak hanya sebatas smartphone saja. Ada kemungkinan juga bahwa akan ada perusahaan lain yang mengambil hak dan lisensi untuk pengembangan dan penjualan smartphone BlackBerry di masa mendatang, namun belum diketahui perusahaan mana yang akan mengambil alih dari TCL ini untuk selanjutnya.

: ,

COMMENTS