in: News | March 18, 2020 | by: Friska

Fitur Transkrip di Google Translate Kini Sudah Tersedia

Salah satu hal yang sedikit menyulitkan mereka yang memiliki rekaman wawancara atau dialog tertentu adalah bagaimana bisa menuangkannya di dalam sebuah tulisan transkrip, di mana terkadang ada kesulitan ketika si pembicara berbicara terlalu cepat atau ada beberapa kalimat yang sulit untuk didengar.

Tidak sedikit ada fitur transkrip otomatis yang dikembangkan untuk memudahkan mereka yang melakukan rekaman menggunakan smartphone untuk mengatasi hal ini. Bahkan Google sempat memberikan demo bagaimana Google Translate sudah bisa memiliki fitur transkrip otomatis, sehingga teks akan dituliskan secara langsung sembari mendengar perbincangan wawancara yang terjadi.

Fitur yang dikenalkan sejak Januari 2020 kemarin itu kini akan tersedia secara publik mulai hari ini, dengan bahasa yang didukung saat ini dimulai dari bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thai. Menggunakan fitur transkrip pada Google Translate, pengguna pun bisa langsung “merekam” hasil perbincangan yang terjadi secara otomatis, tanpa harus mengetik secara manual, dan juga bisa lansung ditranslasi di bahasa yang telah didukung oleh aplikasi.

Pihak Google sendiri mengatakan bahwa fitur ini akan lebih baik dalam bekerja di dalam ruangan yang sunyi ketimbang ruang yang berisik atau terlalu banyak suara. Fitur ini juga membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengaktifkan fiturnya, sebab fitur transkrip masih bergantung kepada TPU (Tenso Processing Units) milik Google untuk bisa bekerja.

: , ,

COMMENTS